14 Sep

Sambutan Ketua KPU Kota Batu dalam Peresmian RPP Wisata Demokrasi

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Dalam sambutan pada acara Peresmian Rumah Pintar Pemilu (RPP) Wisata Demokrasi kemarin (13/09), Ketua KPU Kota Batu, Rochani, menyampaikan kepada hadirin bahwa RPP adalah salah satu konsep pendidikan pemilih dengan memanfaatkan ruang atau pun bangunan yang dilengkapi dengan sarana prasarana berisi seluruh informasi terkait dengan kepemiluan, “Jadi rumah pintar Pemilu ini merupakan pilot project secara nasional oleh KPU RI dan pada triwulan pertama tahun 2017.” RPP Tahun 2017 dilaksanakan di 273 daerah salah satunya di Kota Batu.

Rumah Pintar Pemilu diharapkan menjadi sarana edukasi kepemiluan. Karena edukasi menjadi penting untuk membangun kesadaran, membangun pengetahuan, dan tanggung jawab kepada pemilih. Tujuannya ialah agar memilih menjadi pemilih yang cerdas, pemilih yang berkualitas, serta tidak terjebak pada kepentingan sesaat seperti politik uang. 

Dalam kesempatan yang diberikan, Rochani menerangkan ada 4 ruangan pada RPP Wisata Demokrasi, yaitu ruangan audio visual, ruang display, ruang simulasi dan ruang diskusi. “Kami berharap bisa memberikan nilai positif bagi pembangunan kehidupan demokrasi di Kota Batu,” Tuturnya.

Rochani menjelaskan asal penamaan RPP wisata demokrasi adalah sebagai bentuk apresiasi KPU Kota Batu kepada Pemerintah Kota Batu yang telah menumbuhkembangkan kegiatan wisata di kota ini, “Kami Sebagai penyelenggara berkontribusi untuk menambah 1 wahana lagi yaitu Wisata Demokrasi di samping wahana wisata lainnya di Kota Batu,” Ujar alumni Universitas Brawijaya ini.

KPU Kota Batu berkomitmen untuk menghapus stigma bahwa pemilihan atau pemilu adalah sesuatu yang ditakuti, yang bisa menimbulkan kecemasan, suatu hal yang mungkin bisa menimbulkan huru-hara. “Kami ingin menyadarkan bahwa konsep wisata demokrasi ini, pemilu yang dilaksanakan di Kota Batu, dapat kita kemas menjadi pemilu yang menyenangkan, pemilu yang kondusif, yang santun, pemilu yang tidak mengganggu pergerakan roda perekonomian, sehingga aktivitas kegiatan di Kota Batu masih bisa di jalan dengan lancar.”

Rochani juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan dan kerjasama para pemangku kepentingan selama penyelenggaraan Pilwali Kota Batu Tahun 2017. Tak lupa menginformasikan kepada para undangan bahwa seluruh laporan kegiatan dan laporan keuangan Pilwali Kota Batu telah disampaikan ke pihak-pihak terkait, yaitu untuk Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jawa Timur, laporan kepada KPU RI melalui KPU Provinsi Jawa Timur, serta laporan kepada Wali Kota Batu.

Setelah memberikan Sambutan, Rochani secara simbolis melakukan penyerahan Buku Pilwali Kota Batu Tahun 2017 dalam Gambar & Grafis kepada perwakilan dari Kodim 0818, Polres Batu, dan Kajari Batu. Serta melakukan foto bersama dengan Komisioner Provinsi Jawa Timur dan Wali Kota Batu yang juga memberikan sambutan pada acara tersebut.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

45 − = 40