28 Sep

Saifudin Zuhri Paparkan Agenda Divisi SDM dan partisipasi Masyarakat dalam Audiensi dengan DPRD

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Dalam pemaparannya pada kegiatan audiensi dengan DPRD Kota Batu, kemarin(27/09), Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi masyarakat, Saifudin Zuhri, menjelaskan agenda divisinya terkait Pilgub 2018 dan Pemilu 2019.

Pada kesempatan ini, Saifudin Zuhri menginformasikan bahwa KPU Kota Batu telah meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang diberi nama Wisata Demokrasi. Dalam RPP tersebut ada materi-materi tentang sejarah pemilu, pentingnya pemilu dan demokrasi, sistem pemilu dan data hasil pemilu dan pilkada di Kota Batu yang telah dilaksanakan. Semua kalangan baik para pemilih, pemilih pemula mau pun umum dapat berkunjung ke RPP tersebut. 

Dalam kegiatan yang diselenggarakan di ruang rapat pimpinan DPRD Kota Batu, Saifudin memaparkan agenda terdekat yaitu sosialisasi terkait pemilu 2019 berdasarkan UU No 7 Tahun 2017. Undang-undang yang baru ini akan dibahas secara internal di KPU Kota Batu terlebih dahulu sebelum dilaksanakan sosialisasi kepada stakeholder termasuk dari partai politik, “Mungkin waktunya bisa satu hari penuh” tuturnya.

Disamping itu dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat, KPU Kota Batu juga akan mengadakan penggalangan gerakan sadar pemilu melalui gerak jalan sehat. “Jadi nanti gerak jalan sehat ini akan dilakukan secara serentak seluruh Indonesia. Tapi masih menunggu surat edaran dari KPU tentang waktu pelaksanaannya,” terangnya.

Sementara terkait dengan pembentukan PPK, KPU Kota Batu masih menunggu Peraturan KPU yang baru karena dalam UU 10 tahun 2016, anggota PPK ada 5 orang, tetapi dalam UU No 7 Tahun 2017 jumlah PPK ada 3 orang. Diketahui bersama bahwa masa pembentukan PPK untuk Pilgub Jatim dilaksanakan pada bulan Oktober sedangkan untuk Pemilu 2019 pada bulan Januari-Maret tahun 2018. “Kita masih menunggu Peraturan KPUnya, apakah nanti pelaksanaan pilgub mengikuti Undang-Undang yang baru atau Undang-Undang sebelumnya.”

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 2