26 Apr

ROAD SHOW HARI KEDUA SOSIALISASI PEMAHAMAN DAN PENINGKATAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT YANG DIADAKAN KESBANGPOL KOTA BATU

Bumiaji , kpu-kotabatu.go.id (26/04/2018) Ketua KPU Kota Batu sekaligus Komisioner Divisi Teknis (Rochani) menjadi narasumber hari kedua Sosialisasi Pemahaman dan Peningkatan Partisipasi Politik Masyarakat yang diadakan oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Batu dalam rangka mendukung pelaksanaan Pilgub Jatim 2018. Sosialisasi yang diadakan di Pendopo Kecamatan Bumiaji ini dihadiri oleh masyarakat Kecamatan Bumiaji yang terdiri dari: jamaah tahlil, karang taruna, pemilih pemula, ibu rumah tangga dan perangkat desa.

Sosialisasi yang dilakukan secara roadshow di tiga tempat tersebut menghadirkan tiga narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Sebagai narasumber pertama adalah Ketua KPU Kota Batu sekaligus Komisioner divisi teknis (Rochani), Anggota Panwaslu Kota Batu Divisi penindakan dan pelanggaran (Abdul Rochim) sebagai narasumber kedua dan narasumber ketiga dari lingkungan akademik, Taufik Akbar, Dosen Jurusan PPHI Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya.

Kepala Kesbangpol Kota Batu (Suliyanah, S.Sos) dalam sambutannya mengemukakan bahwasanya kegiatan yang diadakan oleh Kesbangpol ini merupakan wujud dukungan yang diberikan pemerintah kota Batu demi kelancaran dan peningkatan partisipasi masyarakat kota Batu terhadap pelaksanaan Pilgub Jatim 2018 agar berjalan dengan aman, tertib dan kondusif sesuai dengan harapan.

Ketua KPU Kota Batu sekaligus Komisioner Divisi Teknis (Rochani) sebagai narasumber pertama memaparkan tentang kegiatan yang sudah berjalan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018. Dalam materinya, Rochani juga menjelaskan tentang perlakuan terhadap pemilih yang sedang berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), pemilih yang sedang dirawat di rumah sakit dengan keluarganya dan pemilih yang sedang sakit di rumah atau pemilih yang sedang berada di kota lain pada waktu pelaksanaan kegiatan pencoblosan 27 Juni 2018.

Sebagai narasumber kedua, Panwaslu Kota Batu Divisi Penindakan dan Pelanggaran (Abdul Rokhim) membawakan materi tentang “Integritas Partisipasi Aktif Bawaslu dalam Pengawasan serta Penegakan Hukum pada Pilkada Serentak 2018”. Dalam pemaparannya, Abdul Rokhim menjelaskan tentang tugas dan kewajiban Bawaslu dalam menjaga proses berlangsungnya Pilkada 2018 yang aman, damai dan tertib.

Lebih lanjut anggota Panwaslu Kota Batu yang suka humor ini menjelaskan bahwasanya dalam waktu dekat ini, Panwaslu akan fokus pada pengawasan kampanye di bulan Ramadhan/Idul Fitri.

“Pengawasan di bulan Ramadhan/Idul Fitri yang akan dilakukan Panwaslu Kota Batu seperti : sumbangan ke Masjid atau Panti Asuhan, pemberian alat-alat sholat, pemberian THR dan kegiatan open house saat lebaran. Kegiatan-kegiatan diatas rawan digunakan untuk kampanye terselubung,” jelas Abdul Rokhim.

Sebagai pamungkas dalam acara sosialisasi yang diadakan Kesbangpol ini adalah dari kalangan akademisi , Taufik Akbar dengan materinya tentang “Peningkatan Partisipasi Politik Pilgub Jatim 2018”. Taufik Akbar dalam pemaparannya banyak membahas tentang partisipasi masyarakat yang dikaitkan dengan kegiatan politik pada Pilgub Jatim 2018.Ada dua pemilih yang memiliki keunikan masing-masing, yaitu pemilih milenia yang tidak bisa lepas dari gadget dan pemilih yang sudah berusia (boomer).Taufik juga menjelaskan bahwasanya peranan partai politik dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat adalah sangat besar dan seharusnya yang memberikan pendidikan politik adalah partai politik.

Sebagai informasi, acara yang digelar Kesbangpol Kota Batu sudah memasuki hari kedua, dan Sosialisasi hari ketiga akan diadakan pada tanggal 30 April 2018 di Ruang Rapat lt. 3 Balai Kota Among Tani Kota Batu. (eka/pdp)

 

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *