02 Okt

Rapat Pleno Terbuka Penyampaian Hasil Penelitian Persyaratan Administasi bakal Paslon

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Hari Sabtu (1/10) di mulai jam 10.43 bertempat di aula kantor KPU Kota Batu diselenggarakan Rapat Pleno Terbuka Penyampaian Hasil Penelitian Persyaratan Administrasi Terhadap Kelengkapan dan Keabsahan Dokumen Syarat Pencalonan Dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batu tahun 2017. Acara dihadiri oleh komisioner KPU Kota Batu, Panwas Kota Batu, bakal paslon dan partai pengusungnya, serta dihadiri juga pokja pencalonan dan jurnalis. 

Ketua KPU Kota Batu, Rochani menjelaskan bahwa rapat pleno terbuka semacam ini baru pertama kali dilakukan, biasanya hasil penelitian dilakukan secara tertutup, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2016 yang diubah dalam Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2016. Dalam rapat pleno terbuka Rochani menyampaikan beberapa hal berkait dengan syarat calon dan syarat pencalonan yang belum di penuhi oleh masing-masing partai.

Disampaikan oleh Rochani dalam wawancaranya menyampaikan hal-hal yang harus dipenuhi oleh bakal paslon, “Beberapa hal yang harus dipenuhi oleh Bakal Paslon antara lain surat keterangan dari pengadilan, Surat Keterangan Catatan Kepolisian, tanda terima dari LHKPN, laporan harta kekayaan penyelenggara negara dari KPK banyak yang belum mengumpulkan, selain itu juga surat pernyataan tidak memiliki hutang kemudian dokumen yang dikeluarkan Kantor Pelayanan Pajak berupa fotokopi kartu nomor NPWP dan tanda bukti tidak memiliki tanggungan pajak dan dokumen yang dikeluarkan oleh Kantor Pelayanan Pajak,” jelas Rochani.

Rochani menyebutkan setelah pemberitahuan hasil verifikasi diterima Bakal Paslon memiliki waktu sampai dengan 4 Oktober untuk memberikan dokumen perbaikan kepada KPU Kota Batu, “Setelah dokumen  diterima oleh Bakal Paslon, Bakal Paslon memiliki kesempatan untuk melakukan perbaikan selama 3 hari setelah pemberitahuan hasil verifikasi diterima sehingga tanggal 4 Oktober seluruh dokumen perbaikan syarat calon harus sudah diterima oleh KPU Kota Batu”, ungkap Rochani.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *