19 Sep

Rapat Koordinasi Pengelolaan Logistik Pemilihan 2017 Tingkat Nasional

Surabaya, kpu-kotabatu.go.id – Rapat Koordinasi Pengelolaan Logistik Pemilihan 2017 Tingkat Nasional, diadakan di Surabaya pada tanggal 14-16 September 2017. Dalam sambutannya Ketua KPU Jawa Timur, Eko Sasmito memberikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kepercayaan dari KPU RI yang menjadikan Jawa Timur sebagai tuan rumah pelaksanaan Rapat Koordinasi ini.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Eko Sasmito menyampaikan bahwa peraturan tentang logistik telah di tanda tanggani. Beberapa peraturan yang sudah disah kan antara lain :

  1. Tahapan
  2. Pencalonan
  3. Pemilihan Pikada DKI, Aceh dan Papua
  4. Peraturan tentang pemutahiran data pemilih

Dengan rapat koordinasi ini diharapkan bagian dari logistik KPU dapat menguasai peraturan dari seluruh tahapan. “Kenapa hal ini disampaikan, Karena temen-teman logistik harus menguasai seluruh peraturan yang menguasai seluruh tahapan. Teman-teman logistik harus tau jadwal, tepat waktu. Manajemen waktu sangat penting sehingga dalam mengelola logistik tidak ada kepanikan-kepanikan karena temen-teman tidak disiplin dalam pengelolaan logistik,” Jelasnya.

Prinsip dalam pengelolahan logistik Ketua KPU Jatim menekankan untuk tepat dan sesuai dalam perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban, “Urusan logistik bukan hanya pertanggung jawaban belaka, buka hanya gugur wajib. Tapi harus memperhatikan prinsip-prinsip pemilu lainya, misalnya prinsip keterbukaan yang jadi jargon KPU. Prinsip lain dalam Pilkada imparsialitas/netralita,”ujar Eko.

Eko Sasmito mengingatkan untuk tidak terulang kembali kejadian di pemilihan 2015, karena ada beberapa KPU Kabupaten Kota yg Sudah mengadakan logistik padahal masih belum waktunya bahkan tahapan pilkada belum dimulai tetapi pemenang pengadaan logistik sudah diumumkan.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *