21 Feb

Rapat Koordinasi Inventarisasi Permasalahan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2019

Bangkalan, kpu-kotabatu.go.id (20/02/2018) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi tentang Inventarisasi Permasalahan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2019, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur di Kabupaten Bangkalan, Selasa (20/02). Hadir dalam Rakor yang diadakan KPU Provinsi Jawa Timur adalah : Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Ketua KPU Bangkalan, Divisi Hukum dan Operator Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dari KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur (Eko Sasmito) sebagai narasumber menjelaskan tentang kegiatan penetapan partai politik peserta Pemilu 2019 mulai dari pendaftaran, verifikasi hingga penetapan partai politik, baik di tingkat provinsi sampai pusat. Dan, pada tahap penetapan ada 2 parpol yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dikarenakan syarat keanggotaan yang tidak terpenuhi. Dalam Rakor tentang Inventarisasi Permasalahan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2019 ini dibahas tentang 3 hal, yaitu : Evaluasi dari pendaftaran, verifikasi dan penetapan Partai Politik, Dalam evaluasi itu mengajak atau inventarisasi masalah-masalah selama pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik, kemudian yang ketiga adalah pembuatan laporan lengkap terhadap pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik yang sudah dilakukan.

Sebagai informasi, menurut Ketua KPU Provinsi Jawa Timur (Eko Sasmito) ada beberapa persoalan yang harus diselesaikan dikarenakan ada partai politik (Parpol) yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Partai yang TMS tersebut sudah mengajukan permohonan sengketa ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Dari KPU Batu yang menghadiri kegiatan Rakor tentang Inventarisasi Permasalahan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2019 adalah : Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum, Pengawasan, SDM dan Organisasi (Mardiono) dan Staff Subbag Hukum (Mahyuni).(eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − 8 =