05 Sep

Rapat Koordinasi Dengan PPK dan PPS Terkait Pemutakhiran Data Pemilih

Batu, kpu-kotabatu.go.id – KPU Kota Batu menyelenggarakan rapat koordinasi dengan ketua dan anggota PPK serta Ketua PPS se-Kota Batu dalam rangka penyusunan berita acara verifikasi faktual syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan, persiapan bimbingan teknis Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan pelaksanaan pemutakhiran data pemilih, pada hari jumat (2/9).

Dalam pembahasannya mengenai verifikasi faktual, Ketua KPU Kota Batu Rochani, mengingatkan kepada PPK dan PPS bahwa tahapan verifiasi faktual tinggal beberapa hari saja. Hari terakhir verifikasi faktual dilakukan pada tanggal 6 september 2016 ditingkat desa/kelurahan, dilanjutkan rekapitulasi di tingkat kecamatan dari 7 sampai 9 september 2016. Sedangkan rekapitulasi di tingkat Kabupaten/Kota dari tanggal 10 sampai 12 September 2016.

Rochani meminta kepada PPS untuk bisa bekerjasama dan berusaha menyelesaikan verifikasi faktual ini sebelum tanggal 6 september 2016, “Saya ingin report verifikasi tingkat desa sudah direkap oleh teman-teman PPS di tanggal 5 september 2016 sehingga bisa dianalisis ada masalah yang sangat urgent atau tidak,” ungkap Rochani. Rochani menghimbau kepada PPK dan PPS untuk berhati-hati dan tetap menjaga integritas dalam melaksanakan tugas.

Untuk penyampaian materi koordinasi terkait persiapan Bimtek PPDP dan pelaksanaan pemutakhiran data pemilih, Divisi Perencanaan dan Data Ashar Chilmi,  mengingatkan kepada PPK dan PPS untuk lebih tertib dalam segala hal untuk mempermudah dan memperlancar kinerja bersama. Untuk persiapan bimtek yang akan dilakukan PPS untuk PPDP terkait pencocokan dan penelitian (coklit), KPU Kota Batu telah menyediakan logistik yang dibutuhkan oleh PPDP dalam tahapan coklit yang berisi nametag, form tanda bukti pendaftaran (Model A.A.1-KWK), 1 set hardcopy dan softcopy salinan daftar pemilih (A. KWK), lembar kendali, stiker untuk ditempelkan di rumah warga (Model AA2), brosur sosialisasi Tahapan Pemutakhiran Daftar pemilih, dan alat tulis kantor.

Akan tetapi Ashar Chilmi menghimbau untuk pembagian logistik tersebut dibagikan pada tanggal 7 september dikarenakan PPDP baru boleh melakukan coklit di pada tanggal 8 september 2016. “Teman-teman PPS silahkan diambil sesuai jumlah PPDP.  Hari ini silakan kalau mau dilakukan simulasi tetapi jangan diserahkan data lengkap. PPDP hanya boleh turun mulai tanggal 8 september 2016,” ujarnya.

Dalam rapat koordinasi yang dilakukan KPU bersama PPK dan PPS, KPU Kota Batu memberikan kesempatan bagi PPS dan PPK untuk menyampaikan kendala-kendala yang dialami PPK dan PPS di lapangan sehingga dapat secara bersama- sama mencari solusi bagi kendala tersebut.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *