30 Sep

RAKOR PENCERMATAN DAFTAR PEMILIH TETAP HASIL PERBAIKAN 1 TINGKAT KOTA BATU DIGELAR KPU KOTA BATU

Tlekung,kpu-kotabatu.go.id(30/09/2018) Menindaklanjuti surat Ketua KPU RI Nomor 1099/PL.02.1-SD/01/KPU/IX/2018 tertanggal 20 September 2018 tentang perihal penyempurnaan DPTHP-1, KPU Kota Batu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pencermatan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan-1(DPTHP-1) dan Sosialisasi Kampanye Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019,Minggu(30/09).

Acara Rakor yang digelar di Aula Lantai 2 KPU Kota Batu dihadiri oleh : Perwakilan Parpol peserta Pemilu 2019,Kadispendukcapil Kota Batu, Bawaslu Kota Batu, Panwascam se-Kota Batu  dan PPK se-Kota Batu.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Azhar Chilmi) sebagai narasumber dalam Rakor Pencermatan DPTHP-1 ini menjelaskan bahwasanya data pemilih untuk Pemilu 2019 sesuai dengan surat Ketua KPU RI, dilakukan tindakan pencermatan secara terus menerus dari waktu ke waktu sampai menemukan data yang valid dan kredibel dan akuntabel.

Lebih lanjut, Azhar Chilmi menerangkan,penyempurnaan DPTHP-1 meliputi : Pertama, Mengeluarkan data pemilih dari DPTHP-1 apabila masih ditemukan pemilih yang tidak memenuhi syarat atau pemilih ganda, pemilih belum berusia 17 tahun saat hari pemungutan suara , belum menikah dan pemilih yang telah meninggal dunia. Kedua, memperbaiki elemen data pemilih apabila ditemukan pemilih yang elemen datanya keliru atau belum  lengkap dan yang ketiga adalah memasukkan data pemilih apabila masih ditemukan pemilih yang belum terdaftar.

Dalam kesempatan yang sama, Azhar Chilmi juga mengemukakan adanya suatu gerakan yang digagas oleh KPU untuk melindungi hak pilih, gerakan tersebut dikemas dalam Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) yang akan dilakukan pada tanggal 1 sampai dengan 28 Oktober 2018.

Sebagai informasi, ada dua kegiatan yang dilakukan KPU Kota Batu dalam waktu bersamaan, Minggu(30/09) yaitu, Rapat Koordinasi (Rakor) Pencermatan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan – 1 (DPTHP-1) dan acara yang kedua adalah Sosialisasi Kampanye Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019.(eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

93 − = 89