20 Apr

PPK SE-KOTA BATU MULAI LAKUKAN REKAPITULASI PEROLEHAN SUARA TINGKAT KECAMATAN

Batu, kpu-kotabatu.go.id (20 April 2019) – Memasuki hari ketiga pasca pemungutan suara Pemilu 2019 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Batu mulai melakukan rekapitulasi perolehan suara di tingkat kecamatan masing-masing. Pelaksanaan rekapitulasi ini dipimpin langsung oleh PPK dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan diawasi oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Selain itu proses rekapitulasi juga dihadiri oleh saksi dari masing-masing peserta Pemilu 2019.

Sepanjang pengamatan tim monitoring dari KPU Kota Batu bahwa pelaksanaan rekapitulasi berlangsung lancar dan tertib. Acara juga bersifat terbuka, sehingga masyarakat yang ingin memantau secara langsung proses rekaiptulasi bisa hadir. Hal lain yang ditemukan ialah adanya beberapa kesalahan penulisan perolehan suara, baik di formulir isian C-1 maupun C-1 plano. Namun, permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan baik.

Dalam sebuah keempatan Komisioner KPU Kota Batu Divisi Teknis (Erfanudin) mengatakan jika proses rekapitulasi tingkat kecamatan di Kota Batu dilaksanakan maksimal hingga 7 hari. Setelah selesai maka rekapitulasi dilanjutkan secara bertahap, yakni tingkat kota, tingkat provinsi, hingga terakhir di tingkat KPU pusat. “Proses rekapitulasi suara ini berlangsung secara bertahap, dari tingkat TPS (yang telah dituntaskan) hingga nanti di tingkat pusat,” ungkapnya.

Seperti telah diketahui bersama, bahwa semua proses penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 akan dilakukan selama 35 hari, sesuai dengan ketetapan KPU. Waktu yang cukup lama tersebut bertujuan agar proses penghitungan dan rekapitulasi dapat dilakukan dengan teliti, cermat, dan hadil sehingga hasilnya valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu KPU juga berpesan agar masyarakat menunggu pengumuman resmi KPU tentang hasil Pemilu 2019 pada tanggal 22 Mei 2019 mendatang. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − 8 =