09 Sep

Pilwali Kota Batu Memasuki Tahapan Pencocokan Dan Penelitian Oleh PPDP

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Pilwali Kota Batu Tahun 2017 telah memasuki tahapan pencocokan dan penelitan (coklit) dimana selama satu bulan mulai tanggal 8 September sampai 7 Oktober 2016, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), mendatangi rumah warga Kota Batu untuk memperbarui data dan daftar pemilih.

Komisioner Divisi Penyelenggaraan dan Data Ashar Chilmi mengatakan bahwa PPDP Se-Kota Batu berjumlah 420 orang yang berbasis tempat pemungutan Suara (TPS).Sedang sumber data yang dibawa PPDP pada saat mendatangi rumah warga adalah daftar pemilih (Model. A-KWK) yang berisi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Presiden tahun 2014 serta hasil sinkronisasi DP4 dari Dispendukcapil.

“Data yang di coklit (oleh PPDP) nanti, apabila memang sudah benar keberadaan pemilik di satu rumah,  dalam daftar pemilih,  maka tinggal nanti dipastikan dan dikasih tanda Dia punya hak pilih. Dalam hal tidak memenuhi syarat karena mungkin meninggal,  pindah domisili,  belum cukup umur atau belum menikah,  kemudian statusnya masih TNI atau Polri,  terganggu ingatannya atas surat keterangan dokter,  atau berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap yang dipidana itu,  itu nanti akan dicoret,” papar Ashar Chilmi.

“Penelitian yang kedua adalah dilakukan dengan mengubah, apabila identitas pemilih, baik nama,  NIK, alamat jenis kelamin dan dokumen yang terkait dengan daftar pemilih ada yang salah atau yang kurang.  Dan berikutnya adalah menambah pemilih baru yang tidak ada dalam daftar pemilih formulir model A-KWK, dimasukkan menjadi formulir model AA untuk model pemula,  orang pindah, pemilih baru, hasil pindahan dari tempat lain maupun orang yang sudah pensiun maupun purnawirawan, itu termasuk pemilih Baru,” jelas Ashar Chilmi.

Setelah dilakukan coklit, PPDP akan memberikan tanda bukti pendaftaran (Model A.A.1-KWK) kepada kepala keluarga/penghuni rumah serta menempelkan stiker (Model AA2) di dinding luar rumah warga tersebut sebagai bukti bahwa PPDP telah memutakhirkan data pemilih di kediaman warga.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *