18 Apr

PENGUATAN TATA LAKSANA REFORMASI BIROKRASI, KPU JATIM GELAR BIMTEK SOP

Batu, kpu-kotabatu.go.id (14 April 2022), Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur menggelar Bimbingan Teknis Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur hari ini (Kamis, 14/4), dari pukul 10.00 sampai 13.15 WIB melalui media dalam jaringan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melakukan penguatan tata laksana reformasi birokrasi di lingkungan KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota di Jawa Timur.
Ketua KPU Jatim, Choirul Anam menerangkan bahwa KPU Provinsi sebagai salah satu KPU Provinsi percontohan pelaksanaan reformasi birokrasi, terus melakukan upaya perbaikan menuju birokrasi yang memiliki tata kelola yang semakin efektif dan efisien serta memiliki pelayanan publik yang baik.
“Salah satu program dalam proses penguatan tata laksana reformasi birokrasi adalah dengan memahami bagaimana cara menyusun SOP yang baik dan tepat,” tutur Anam dalam sambutannya (14/4/2022).
Senada dengan Anam, Rochani yang merupakan Divisi SDM dan Litbang KPU Jatim menegaskan Bimbingan teknis SOP ini dilakukan dalam rangka upaya pelaksanaan perbaikan tata laksana proses bisnis.
“Terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan SOP antara lain partisipasi dari seluruh komponen, apa saja yg perlu dilakukan, dan sebagainya. SOP dibutuhkan bermanfaat untuk membentuk kemandirian Kita dalam menjalankan tugas, termasuk memberikan perlindungan hukum terhadap petugas yang menjalankan karena sudah jelas bagaimana alurnya. Terkait implementasi SOP agar dapat bersifat aplikatif maka membutuhkan komitmen dari Kita untuk dapat menjalankannya,” paparnya.
Rochani pun berharap dengan adanya bimbingan teknis ini dapat menyegarkan kembali komitmen KPU terhadap pelaksanaan SOP.


Mengimbuhkan, Sekretaris KPU Jatim, Nanik Karsini memaparkan manfaat implementasi SOP ini antara lain yakni untuk standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tugasnya.
“Lalu mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas, meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan, membantu pegawai menjadi lebih mandiri, meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan tugas, menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai cara konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan, serta memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi,” terang Sekretaris KPU Jatim.
Semakin lengkap pada bimbingan teknis ini juga menghadirkan pemateri dari Biro Perencanaan dan Organisasi KPU RI, yakni Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana, Nur Syafaat memberikan materi terkait Pendahuluan dan Pemahaman SOP, Tenaga Adli SDM dan Organisasi, Windra Subekti menyampaikan materi Jenis dan Format SOP Penyusunan dan Contoh Penyusunan SOP, dan Kepala Subbagian Tata Laksana Ika Prasetya Dewi menyampaikan materi Monitoring dan Evaluasi SOP.
Peserta bimbingan teknis terdiri dari Tim Reformasi Birokrasi dari KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur. KPU Jawa Timur.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

48 + = 57