10 Mar

PENGESAHAN DAN PEMBEKALAN RELAWAN DEMOKRASI OLEH KPU KOTA BATU

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (09/03/2018) – KPU Kota Batu menyadari akan pentingnya sosialisasi pada masyarakat terhadap tahapan, jadwal dan program pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 dan sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2017, maka dibentuklah Relawan Demokrasi. Pengesahan dan pembekalan Relawan Demokrasi dilakukan oleh KPU Kota Batu di Aula KPU Kota Batu pada tanggal 9 Maret 2018.

Sebanyak 10 orang Relawan Demokrasi setelah pengesahan, langsung mendapatkan pembekalan untuk menjalanan tugasnya sebagai Relawan Demokrasi. Relawan Demokrasi menjalankan sosialisasi Pilgub Jatim 2018 kepada masyarakat dari unsur : pemilih pemula, perempuan, difabel (penyandang disabilitas), kelompok keagamaan, kelompok marginal, komunitas, dan warga internet (netizen). (klik disini untuk BA pengesahan)

Komisioner Kota Batu Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Saifudin Zuhri) sebagai narasumberĀ  dalamĀ  pembekalan terhadap Relawan Demokrasi memaparkan tentang tujuan sosialisasi pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat, tujuan relasi, materi sosialisasi relasi dan masih banyak lagi materi-materi menarik yang disampaikan di hadapan Relawan Demokrasi.

Dalam akhir pemaparannya, Saifudin Zuhri menekankan perlu adanya kode etik relasi, yaitu : Bersikap independen, imparsial (berlaku adil pada semua) dan non partisan terhadap Pemilu, Tidak melakukan tindak kekerasan, menghormati adat dan budaya setempat, Tidak bersikap diskriminitif dan Tidak menerima pemberian dalam bentuk apapun dari peserta pemilu yang menunjukkan indikasi keberpihakan.

Sebagai informasi, untuk kelompok keagamaan ditugaskan oleh Kementerian Agama Kota Batu dan difabel (kaum disabilitas) diwakili pengajar di SLB serta penggiat kelompok Disabilitas. Sedangkan untuk Relawan Demokrasi dari unsur pemilih pemula, perempuan, kelompok marginal, komunitas dan warga internet, KPU Kota Batu membuka pendaftaran. Test wawancara telah dilakukan pada tanggal 7 Maret 2018. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *