06 Apr

Penetapan Pasangan Calon terpilih Dalam Pilwali Kota Batu Tahun 2017

Batu, kpu-kotabatu.go.id – KPU Kota Batu melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Pasangan Calon Terpilih dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2017 bertempat di Singhasari Resort & Convention Hall, kemarin (6 April 2017).

Kegiatan ini dilaksanakan seusai berakhirnya tahapan perselisihan hasil pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batu Tahun 2017 di Mahkamah Konstitusi (MK) pada hari Senin 3 April 2017. Menurut Peraturan KPU Nomor 7 tahun 2016, penetapan pasangan calon terpilih setelah putusan MK dilaksanakan paling lama 3 hari setelah penetapan, putusan dismisal atau putusan MK dibacakan.

Sesuai dengan ketentuan pasal 54 ayat 1 Peraturan KPU Nomor 11 tahun 2015 tentang rekapitulasi dan penetapan yang diubah menjadi Peraturan KPU nomor 15 tahun 2016 dalam rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih dalam Pilwali Kota Batu dihadiri oleh pasangan calon , partai politik atau gabungan partai politik dan Panwas Kota Batu.

Rochani sebagai ketua KPU Kota Batu menyatakan bahwa berdasarkan keputusan KPU Kota Batu nomor 5 menyatakan Pasangan Dewanti Rumpoko dan H. Punjul Santoso, SH, MM sebagai Pasangan Calon terpilih dalam Pilwali Kota Batu tahun 2017, “Pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara sebagaimana tertuang dalam model DB-1.KWK adalah pasangan Dewanti Rumpoko dan H. Punjul Santoso SH, MM yang memperoleh suara sebanyak 41. 754 suara atau 44,57% dari 116.124 suara sah, dan berdasarkan keputusan perkara PHP Walikota dan Wakil Walikota Batu yang dibacakan pada Senin, 3 April 2017 dinyatakan bahwa permohonan tidak diterima, dengan demikian Pasangan Calon nomor urut 2 dinyatakan sebagai Pasangan Calon terpilih dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batu Tahun 2017,” jelas Rochani

Kegiatan yang dimulai pada pukul 10.30 WIB dihadiri oleh pasangan calon terpilih Dewanti Rumpoko – Punjul Santoso, partai politik dan gabungan partai politik pengusung, Panwas Kota Batu, Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Walikota Batu, Lembaga Pemantau, Tokoh agama, tokoh masyarakat, Forkompinda, Panitia Pemilihan Kecamatan se-Kota Batu, panitia Pemungutan Suara se-Kota Batu, Kapolsek, Danramil dan relawan demokrasi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah pasangan calon nomor urut 4 dalam Pilwali Kota Batu Tahun 2017, Abdul Majid – Kasmuri Idris, yang juga berkesempatan memberikan sambutan dan mengucapkan selamat kepada pasangan calon terpilih.

 

 

 

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 6 = 1