07 Agu

Penerimaan Berkas Syarat Dukungan Bakal Paslon Perseorangan Abdul Majid dan Kasmuri Idris

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Hari pertama tahapan Penyerahan Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Pilwali Kota Batu Tahun 2017, KPU Kota Batu menerima berkas dari Bakal Pasangan Calon Perseorangan Walikota dan Wakil Walikota Batu Tahun 2017, Abdul Majid dan Kasmuri Idris, kemarin (6/8). 

Abdul Majid dan Kasmuri Idris serta tim pendukung mengisi daftar hadir dan diterima oleh Ketua dan Anggota KPU Kota Batu Pada Pukul 08.00 WIB.

Dalam sambutannya Ketua KPU Kota Batu, Rochani menjelaskan prosedur yang dilalui. “Kita akan menghitung jumlah minimal dan sebaran. Kalau jumlah minimal dan sebaran sudah memenuhi syarat minimal yaitu 14.709, maka Bapak/Ibu akan Kami berikan Berita Acara penerimaan berkas sekaligus mengidentifikasi berapa jumlahnya. Kemudian KPU juga akan menerbitkan Surat Keputusan bahwa dukungan yang hari ini diserahkan telah memenuhi jumlah minimal dan sebarannya. Untuk selanjutnya berhak mengikuti verifikasi tahap kedua yaitu verifikasi administrasi,” papar alumni Universitas Brawijaya ini.

Rochani juga menerangkan untuk penghitungannya, diawali menghitung softcopy dilanjutkan Form B.1-KWK PERSEORANGAN kemudian menghitung Lampirannya, ”Jadi ada 3 unsur yang Kami hitung. Softcopy, hardcopy B1 dan hardcopy lampiran B1”.

Setelah serah terima berkas syarat dukungan dari bakal pasangan calon secara simbolis, dilanjutkan dengan penghitungan jumlah dukungan oleh petugas dari Sekretariat KPU Kota Batu . Proses penghitungan berkas dukungan ini didampingi oleh tim pendukung.
Apabila memenuhi jumlah minimal dan sebarannya sebagaimana tertuang dalam Berita Acara dan Surat Keputusan KPU Kota Batu, selanjutnya berhak mengikuti verifikasi/penelitian tahap kedua yaitu penelitian administrasi dan analisis dukungan ganda.

Pada saat penelitian administrasi dan analisis dukungan ganda, KPU Kota Batu akan meneliti kembali antara Lampiran B.1 dengan B.1(-KWK PERSEORANGAN)nya. Setelah memenuhi penelitian administrasi dan analisis dukungan ganda, akan diterbitkan Berita Acara dan Surat Keputusan, kemudian dilanjutkan penelitian secara faktual, yang akan dilakukan Panitia Pemungutan Suara di tingkat desa/kelurahan.

Divisi Sosialisasi KPU Kota Batu Saifudin Zuhri menjelaskan jadwal penelitian berkas Bakal Pasangan Calon Perseorangan. “Dijadwalkan, tanggal 7 sampai 20 Agustus mendatang akan dilakukan penelitian administrasi dan analisis dukungan ganda.  Setelah itu pada tanggal 24 Agustus sampai 6 September 2016 dilakukan penelitian faktual di tingkat desa/kelurahan ini. Dalam penelitian faktual ini, paling lambat tanggal 23 Agustus KPU harus menyerahkan syarat dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada masing – masing PPS,” tutupnya.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *