16 Sep

Penandatanganan MoU Antara KPU Kota Batu dengan IDI, BNN dan HIMPSI

Batu, kpu-kotabatu.go.id – KPU Kota Batu melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Malang, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Batu dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Jawa Timur, yang dilakukan di Kantor IDI Malang Kamis (15/9) kemarin.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dibuka oleh Ketua KPU Kota Batu yang dalam pembukaannya menjelaskan bahwa dasar dari pembuatan MoU ini adalah Surat 507/KPU/IX/2016 perihal pelaksanaan tahapan pencalonan yang di dalamnya juga menyangkut tentang teknis persyaratan pemeriksaan kesehatan. Surat 507/KPU/IX/2016 dikeluarkan oleh KPU RI tanggal 10 September 2016 yang kemudian disusul oleh surat edaran Kepala BNN RI pada tanggal 14 September 2016.

Nota Kesepahaman yang disiapkan dan dibuat oleh KPU Kota Batu antara lain berisi

  1. Dasar Perundangan Nota Kesepahaman
  2. Maksud dan Tujuan Nota Kesepahaman
  3. Standar Pemeriksaan Kesehatan
  4. Tim Pemeriksa Kesehatan
  5. Waktu Pemeriksaan Kesehatan
  6. Hasil Pemeriksaan Kesehatan
  7. Biaya
  8. Jangka Waktu Nota Kesepahaman

Rochani menjelaskan bahwa nota kesepahaman ini dapat di perpanjang jika ada kemungkinan adanya calon yang gugur dalam pemeriksaan dan diajukan calon pengganti yang secara otomatis akan memerlukan pemeriksaan tambahan, “ketika nanti pencalonan sudah selesai pemeriksaannya sudah selesai, tiba-tiba ditengah jalan ada calon yang dinyatakan tidak lolos, kemudian partai akan mengajukan calon pengganti, jadikan otomatis kita harus meriksa lagi maka nanti kita akan melakukan perubahan atau perpanjangan terhadap nota kesepahaman ini,” jelas Rochani.

Nota Kesepahaman (MoU) dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Malang, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Batu dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Jawa Timur tentang Penetapan Standar Kesehatan Jasmani dan Rohani serta Bebas Peyalahgunaan Narkoba dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batu Tahun 2017 ditanda tangani oleh 4 pihak terkait yaitu Ketua KPU Kota Batu Rochani, S.Pi., M.P, Ketua IDI Malang Raya Dr. Enny Sekar Rengganingati, MM , Ketua HIMPSI Wilayah Jatim Ilham Nur Alfian, M.Psi dan Ketua BNN Kota Batu AKBP Heru Cahayo Wibowo.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

35 + = 43