16 Feb

PENANDATANGANAN KICK OFF PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS DI LINGKUNGAN KPU KAB/KOTA SE-JAWA TIMUR

Batu, kpu-kotabatu.go.id (16 Februari 2022) – KPU Kota Batu melakukan rapat dan juga Penandatanganan terkait Kick Off Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan KPU Kab/Kota se-Jawa Timur. Acara yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur dan dilaksanakan secara daring melalui media Zoom Meeting ini dihadiri oleh seluruh KPU Kab/Kota beserta Forkopimda se-Jawa Timur dan Bawaslu se-Jawa Timur, acara dimulai pukul 10.00 WIB.

Dalam sambutannya Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur Nanik Karsini menyampaikan bahwa hari ini merupakan momentum bagi kami sebagai unit kerja atau bagian dari KPU RI dalam pelaksana Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan wilyah Birokrasi Bersih dan Melayani ” Berbagai macam hal yang telah diupayakan agar pelaksanaan zona integritas oleh kami KPU Provinsi Jawa Timur bersama KPU Kab/Kota se Jawa Timur untuk memberikan pelayanan yang bebas dari korupsi dan birokrasi melayani,” ujar Ninik dalam sambutannya.

Inspektur KPU RI Nanang Priyana memberikan sambutan mengenai evaluasi tahun lalu dan mengharapkan kemajuan pada tahun ini, beliau juga memberikan informasi tentang membangun percontohan dari 13 unit kerja yang ada di KPU, selanjutnya juga telah melakukan evaluasi sebagaimana yang diharapkan Kementerian PAN-RB untuk 10 Provinsi di Indonesia.

Ketua KPU Jawa Timur Choirul Anam yang juga memberikan sambutan dalam acara kick off Pembangunan Zona Integritas yang di lakukan secara Hybrid oleh KPU Kab/Kota se-Jawa Timur, dimana memberikan pandangan mengenai zona Integritas yang dalam pelaksanaannya, untuk menindaklanjuti surat dari KPU Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2022 Tanggal 18 Januari 2022 dan juga memberikan penjelasan bahwa Zona Integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang dipimpin dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Bebas Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Hal tersebut menekankan replikasi zona pembangunan yang bebas dari korupsi dan memiliki budaya pelayanan yang prima sehingga pembangunan zona integritas di lingkungan ini terjaga dan merupakan satu bagian dari pelaksanaan Reformasi Birokrasi dalam rangka menciptanya perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik sebagai harapan pembangunan nasional. Pembangunan Zona Integritas ini mengacu kepada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah nomor 52 tahun 2014.

Harapannya dalam implementasi dari pembangunan zona integritas ini seluruh pihak terutama seluruh jajaran KPU Kab/Kota se-Jawa Timur mulai dari pimpinan kerja hingga pegawai mampu untuk mewujudkan zona integritas dan bisa mewujudkan wilayah bebas dari korupsi dan sukses mencapai pemilu yang lebih berintegritas dan bermartabat dan dalam sambutan oleh Choirul Anam di tutup oleh acara ketok palu sebagai tanda dibukanya acara pada hari ini dan dilanjut dengan prosesi penandatanganan piagam zona integritas oleh masing-masing satuan kerja masing-masing di tiap wilayah dan di dilakukan secara simbolis oleh KPU Jawa Timur.

KPU Kota Batu sendiri di tandatangani langsung secara simbolis oleh ketua KPU Kota Batu Mardiono dan didamping oleh Komisioner KPU Kota Batu Marlina, Thomy Rusy Diantoro dan Kasubag Hukum KPU Kota Batu Bhudie Kristanto. Adapun saksi-saksinya antara lain Walikota Batu Hj.Dra.Dewanti Rumpoko, M.Si, Kapolres Kota Batu AKBP I Nyoman Yogi H, SIK., M.Si, Kepala Kejari Kota Batu Dr.Supriyanto dan Ketua DPRD Kota Batu Asmadi, SP. (ari)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

98 − 89 =