27 Jun

PEMILIH SAKIT DI RUMAH, SALURKAN HAK PILIHNYA

Beji, kpu-kotabatu.go.id, (27/06/2018) Tahapan kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018, hari ini masuk dalam kegiatan pencoblosan Pilgub Jatim 2018 tanggal 27 Juni 2018 di masing-masing TPS tempat pemilih berada. Pemilh yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) tampak mendatangi Tempat Pemungutan Suara dengan membawa formulir undangan (C-6) dan KTP Elektronik. Lalu bagaimana dengan pemilih yang sedang sakit di rumah, dimana mereka tidak dapat hadir di TPS tempat  pemilih menyalurkan hak pilihnya?.

 

KPU Kota memfasilitasi pemilih yang sedang sakit di rumah dengan cara mendatangi pemilih yang sakit dirumah dengan persetujuan para saksi dan PPL.

Seperti yang terjadi di TPS 8 Beji, dimana  Puskesmas Beji tidak ada pasien, namun di TPS 8 daerah Beji terdapat pemilih yang sedang sakit di rumah dan mereka mempunyai hak pilih dalam Pilgub Jatim 2018 sebanyak 6 orang.

” Puskesmas Beji memang tidak ada pasien, namun di TPS 8 Beji terdapat 6 orang pemilih yang sedang sakit di rumah,” terang Dimas Brahmadi Yulis S, staff KPU Kota Batu yang bertugas monitoring pelaksanaan pencoblosan di daerah Beji.

Mekanisme pencoblosan terhadap pemilih yang sedang sakit di rumah adalah , petugas mendatangi pemilih yang sakit di rumah pada pukul 12:00 WIB. Pelaksanaan hak pilih tersebut dilakukan oleh dua orang KPPS bersama PPL dan saksi pasangan calon. Kerahasiaan pemilih tetap dijaga oleh petugas.

Pelaksanaan pelayanan pemilih yang sedang sakit di rumah tersebut diatur dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur , Bupati dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota dan Wakil Walikota. Dalam Bab VIII Pasal 83 (ayat 1) Bagi pemilih yang sakit di rumah dan dipastikan tidak dapat mendatangi TPS untuk memberikan hak pilihnya, KPPS dapat melayani hak pilihnya dengan cara mendatangi pemilih tersebut dengan persetujuan para saksi dan PPL, atau Pengawas TPS, dengan tetap mengutamakan kerahasian pemilih.(eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *