25 Sep

Pemeriksaan Psikologis 4 Bakal Paslon Berjalan Lancar

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Hari pertama pemeriksaan kesehatan, 4 Bakal Pasangan Calon (paslon) Walikota dan Wakil Walikota Batu hadir melakukan pemeriksaan psikologis di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, Sabtu (24/9) kemarin.

Keempat bakal paslon yaitu Dewanti Rumpoko – Punjul Santoso, Abdul Majid – Kasmuri Idris, Hairuddin – Hendra Angga Sonatha, dan Rudi – Sujono, menjalani tes kesehatan psikologis mulai pukul 07.00 WIB, dengan tim pemeriksa kesehatan jiwa dari Himpunan Psikologi (HIMPSI). Pemeriksaan psikologis ini terdiri dari dua jenis yaitu tes tulis dan tes wawancara.

Dalam ilmu kesehatan jiwa terdapat 2 ahli yaitu psikolog dan psikiater. Pelaksanaan tes oleh psikolog dan psikiater dilakukan secara bersamaan dengan hasil yang berbeda, seperti yang dijelaskan oleh salah satu psikolog RSUD, Dr. Dini Latifatun Nafiati, “Tapi karena kesehatan jiwa itu ada psikolog dan psikiater, untuk yang psikiater juga melakukan pemeriksaan. Jadi waktunya bersamaan. Namun nanti hasilnya berbeda – beda karena yang dipotret masing – masing juga berbeda. Sama – sama memeriksa kesehatan jiwa, tapi beda antara psikiater dan psikolog”. Sesuai dengan edaran dari HIMPSI Pusat,  pemeriksaan terdiri dari test intelegensi, test kepribadian dan fungsi psikologis secara menyeluruh,”jelasnya.

Disampaikan oleh Dr. Dini dalam wawancaranya, rata – rata para bakal paslon bisa menyelesaikan setiap sesi tes selama 2 jam, “Rata-rata para bakal paslon bisa menyelesaikan setiap sesi soalnya selama 2 jam soalnya memang banyak, tapi tidak sampai 1000 soal,” tutupnya.

Pemeriksaan kesehatan bakal paslon akan dilanjutkan hari Senin (26/9) dan Selasa (27/9) dengan jadwal General Medical Check-Up.

 

 

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

21 − = 20