21 Mei

PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA MEMPERKUAT PONDASI KEBANGKITAN NASIONAL INDONESIA DALAM ERA DIGITAL

Batu, kpu-kotabatu.go.id (21/05/2018), Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-110 diperingati secara khidmat di Stadion Gelora Brantas Kota Batu, Senin(21/05) oleh Pemerintah Kota Batu. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 dengan mengambil tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital” ini dihadiri oleh seluruh jajaran pegawai SKPD, Kecamatan, Pepabri, Kelurahan dan seluruh pelajar Kota Batu.

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam peringatan hari Kebangkitan Nasional di Stadion Gelora Brantas, Walikota Batu (Dewanti Rumpoko). Dalam sambutannya, Dewanti membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Rudiantara).

Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Rudiantara) menekankan pentingnya persatuan untuk mencapai cita-cita yang mulia. Lebih lanjut, Rudiantara menerangkan bahwasanya Boedi Oetomo memberikan contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan.

Dalam kesempatan yang sama sesuai dengan tema Hari kebangkitan Nasional yang ke – 110 dimana Pembangunan SDM memperkuat pondasi bangsa dalam era digital, menurut para ahli, sekitar dua tahun lagi Bangsa Indonesia akan memasuki sebuah era emas di bidang kependudukan yaitu : bonus demografi. Bonus demografi menyuguhkan potensi keuntungan karena proporsi penduduk usia produktif lebih tinggi dibanding penduduk usia non produktif.

Lebih lanjut ditambahkan oleh Dewanti Rumpoko, generasi bonus demografi yang kebetulan beririsan dengan generasi Milenial tersebut pada saat yang sama terpapar dengan masifnya perkembangan teknologi terutama teknologi digital. Digitalisasi diberbagai bidang ini juga membuka jendela peluang dan ancaman yang sama. Ia akan menjadi ancaman jika hanya pasif menjadi pengguna dan pasar, namun akan menjadi berkah jika mampu menaklukkannya menjadi pemain yang menentukan lansekap ekonomi berbasis digital dunia.

“Alhamdulliah, kita mencatat bahwa tak sedikit anak muda Indonesia yang kreatif, mampu menaklukkan gelombang digitalisasi dengan cara mencari berkah di dalamnya. Internet, media sosial, situs web, layanan multimedia, aplikasi ponsel mereka jadikan ladang buat berkarya, dan pasar yang menjanjikan bagi kreatifitas,” terang Dewanti dalam sambutannya di depan peserta upacara.(eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

70 − 68 =