27 Mei

Pelatihan Jurnalistik di KPU Provinsi Jawa Timur

Surabaya, kpujatim.go.id – Kamis (26/5) Anggota KPU Kota Batu Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi Saifudin Zuhri mengikuti pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Timur. Tujuan pelatihan ini adalah untuk menyiapkan sebuah website di lingkungan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Salah satu komitmen sebagai lembaga publik adalah untuk mengimplementasikan e-government (e-gov). E-government ialah upaya pemanfaatan dan pendayagunaan telematika untuk meningkatkan efisiensi dan costeffective pemerintahan, menyediakan jasa pelayanan dan akses informasi kepada publik secara lebih luas, serta mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang lebih bertanggung jawab dan transparan kepada masyarakat. Website KPU dibutuhkan untuk mengintegrasikan informasi dan jenis pelayanan yang dihasilkan oleh KPU, sehingga dapat membantu masyarakat maupun stakeholder lainnya yang membutuhkan. Salah satu syarat website  yang baik adalah dengan update berita secara berkala. Dalam hal ini dibutuhkan kemampuan penulisan atau jurnalistik dari pengelola.

Guna kepentingan tersebut, KPU Jawa Timur segera mengadakan pelatihan jurnalistik untuk KPU kabupaten/ kota se-Jawa Timur. Sebagaimana yang disampaikan oleh Divisi Sosialisasi; Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi KPU Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskoro. Pelatihan jurnalistik akan diadakan pada hari Kamis tanggal 26 Mei 2016 di kantor KPU Jawa Timur Jalan Tenggilis Nomor 1 Surabaya. “Peserta pelatihan jurnalistik adalah anggota Divisi Sosialisasi KPU kabupaten/ kota di Jawa Timur. Semula memang rencananya akan melibatkan Ketua dan Operator Website juga dalam pelatihan ini. Namun, ada keterbatasan anggaran KPU kabupaten/ kota sehingga dengan terpaksa belum bisa melibatkan Ketua dan Operator Website,” jelas Gogot (24/5/2016).

Gogot mengungkapkan pula bahwa dalam pelatihan ini peserta akan dibekali dengan beberapa materi. “ Materi pelatihan jurnalistik antara lain Teknik Dasar Penulisan Berita Online dan Pengembangan Website, Pengelolaan Website untuk Lembaga Publik, serta Teknik Penulisan Jurnal. Di sini ditambahkan materi teknik penulian jurnal, karena KPU Jawa Timur setiap bulannya menerbitkan Jurnal Ide,” terang Divisi Sosialisasi; Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi KPU Jawa Timur.

Pelatihan jurnalistik dijadwalkan dimulai pada pukul 09.00 s.d 16.30 WIB. Narasumber yang dilibatkan adalah Pimpinan Redaksi Beritajatim.com, Ainur Rohim, dan Redaktur Antara Jatim, Edy M Yakub.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 30 = 39