13 Sep

PARPOL PESERTA PEMILU 2019 TERIMA BIMTEK APLIKASI SIDAKAM DARI KPU KOTA BATU

Bumiaji,kpu-kotabatu.go.id(13/09/2018)Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 wajib hukumnya untuk menggunakan sebuah Aplikasi Dana Kampanye (SIDAKAM). SIDAKAM sendiri adalah sebuah aplikasi yang merupakan seperangkat Sistem Informasi dalam Teknologi Informasi berbasis web (web base) dengan sistem offline. Menyadari pentingnya SIDAKAM, KPU Kota Batu setelah acara sosialisasi pelaporan dana kampanye,Kamis(13/09) langsung memberikan pelatihan penggunaan aplikasi SIDAKAM pada partai politik peserta Pemilu 2019 yang hadir.

Adapun tujuan digunakannya SIDAKAM adalah : Melayani peserta Pemilu dalam menginput penerimaan dan pengeluaran dana kampanye kepada KPU,KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU Kabupaten/Kota, Mendukung pelaksanaan tugas KPU,KPU Provinsi/KIP Aceh,KPU Kabupaten/Kota dalam menerima laporan dana kampanye dari peserta Pemilu dan Pemeliharaan data dan informasi pelaporan dana kampanye untuk pelayanan publik.

Operator SIDAKAM KPU Kota Batu (Mahyuni) dalam penjelasannya kepada partai politik yang hadir dalam Bimtek tersebut, bahwasanya ada beberapa manfaat penggunaan aplikasi dana kampanye, yaitu, membantu peserta Pemilu dalam menyusun laporan dana kampanye, membantu partai politik mengkonsolidasi laporan dana kampanye calon anggota DPR/DPRD, membantu tim kampanye tingkat nasional untuk mengkonsolidasi laporan dana kampanye tim kampanye tingkat daerah dan sebagai kontrol bagi peserta Pemilu dalam penerimaan sumbangan dana kampanye dari pihak lain.

Sebelum memasuki sesi pelatihan penggunaan aplikasi SIDAKAM, Mahyuni terlebih dahulu menjelaskan bagaimana cara menggunakan Aplikasi Dana Kampanye (SIDAKAM).

Pelatihan SIDAKAM yang dilakukan oleh KPU Kota Batu dilakukan  secara langsung pada operator SIDAKAM masing-masing partai politik peserta Pemilu 2019. Pelatihan dilakukan oleh Operator SIDAKAM KPU Kota Batu (Mahyuni) dan Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas (Ariansyah Mustafa). (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 7 =