26 Feb

“Mudah-mudahan ada Meja Khusus untuk Teman Saya Saiful”

Banaran,kpu-kotabatu.go.id (26/02/2018) – Sosialisasi tentang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) bagi mereka yang berkebutuhan khusus, memang layaknya disertai dengan kegiatan simulasi yaitu bagaimana cara mencoblos yang benar dengan menggunakan surat suara dan alat pencoblosnya atau kegiatan di bilik suara dan memasukkan surat suara di dalam kotak suara. Begitu pula yang dilakukan oleh KPU Kota Batu di SLB Negeri Batu, Senin (26/02). Di samping sosialisasi tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 juga dilakukan simulasi cara mencoblos dan memasukkan kotak suara.

Saiful, salah seorang siswa di SLB Negeri Batu yang merupakan penyandang cacat dengan hanya menggunakan kaki sebagai kegiatan sehari-harinya, tidak menyia-nyiakan kegiatan simulasi yang dilakukan oleh KPU Kota Batu. Saiful rela antri untuk mendapatkan surat suara yang akan dicoblos di dalam bilik suara. Yah, meja yang dipergunakan untuk tempat bilik suara dimana Saiful harus mencoblos surat suaranya, memang terlalu tinggi yaitu sekitar 60 cm. Bisa dibayangkan, kerja keras seorang Saiful untuk bisa mencoblos di bilik suara waktu kegiatan Simulasi berlangsung. Niko Krisna Winata Putra ketika mendorong kursi roda Saiful mengungkapkan permohonan yang ditujukan kepada KPU Kota Batu, supaya Saiful bisa mendapatkan meja khusus waktu pencoblosan tanggal 27 Juni 2018. “Mudah-mudahan, teman saya Saiful bisa mendapatkan meja yang bisa digunakan untuk mencoblos nantinya,” terang Niko sahabat setia Saiful. “Meja yang digunakan simulasi tadi terlalu tinggi, jadi kasihan Saiful,” pungkas Niko sambil mendorong kursi roda Saiful meninggalkan tempat simulasi.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi Umum, Keuangan dan Logistik (Erfanudin) ketika dikonfirmasi tentang kebutuhan peralatan untuk kegiatan pencoblosan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 terhadap pemilih berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas, bahwasanya KPU Kota Batu akan memperhatikan kebutuhan peralatan pada saat dilakukan kegiatan pencoblosan tanggal 27 Juni 2018. “KPU Kota Batu akan memperhatikan kebutuhan peralatan yang digunakan pada saat dilakukan kegiatan pencoblosan tanggal 27 Juni 2018 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) bagi pemilih yang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas,” pungkas Erfanudin di kantor KPU Kota Batu. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 78 = 88