03 Mei

MEWUJUDKAN PILGUB JATIM 2018 BERKUALITAS, KPU KOTA BATU ADAKAN BIMTEK TUNGSURA PPK SE-KOTA BATU

Ngaglik, kpu-kotabatu.go.id (02/05/2018)Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 tanggal 27 Juni 2018 tinggal dalam hitungan hari. Sebagai penyelenggara Pilgub Jatim 2018, KPU Kota Batu berkewajiban untuk mewujudkan Pilgub Jatim 2018 berjalan dengan sukses, aman dan lancar, tentunya KPU Kota Batu tidak dapat bekerja sendiri, dibutuhkan kerjasama yang apik dengan stakeholder. Menyadari hal tersebut, KPU Kota Batu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara bagi PPK se-Kota Batu dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018, Rabu (02/05).

Bimtek yang diadakan di Hotel Zam-Zam Batu Jalan Abdul Gani Atas Nggalik ini dihadiri oleh PPK se-Kota Batu dengan narasumber Ketua KPU Kota Batu sekaligus Komisioner Divisi Teknis (Rochani) dan sebagai fasilitator, Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas (Ariansyah Mustafa).

Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara ini dikemas secara padat, dimulai Pukul 10:00 sampai dengan 17:00 WIB dengan materi di sessi pertama yaitu : Pre Test dan pemaparan materi tentang pemungutan dan penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur 2018.

Sessi kedua adalah pendalaman materi pemungutan dan penghitungan  suara di TPS dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur 2018 dengan metode BRIDGE. Materi yang disampaikan dengan cara praktek langsung ini tentang pemahaman program kerja KPPS, rekapitulasi model C-6 dan pengelolaan formulir model C-6 yang tidak terdistribusikan, pemahaman tugas KPPS dan petugas ketertiban diTPS,pelayanan formulir model A5, simulasi pengisian formulir model A4, simulasi pengisian formulir model C7 dan tata cara pengisian model C7.

  

Pada sessi kedua, PPK Se-Kota Batu bertindak sebagai KPPS untuk membuat jadwal kegiatan KPPS sebelum pelaksanaan kegiatan pencoblosan pada tanggal 27 Juni 2018.  Masing-masing PPK  di tiga Kecamatan Kota Batu, yaitu Kecamatan Batu, Kecamatan Bumiaji dan kecamatan Junrejo  yang berindak sebagai KPPS, melakukan presentasi untuk jadwal dan kegiatan yang dilakukan KPPS sebelum tanggal 27 Juni 2018. Disamping presentasi, masing-masing PPK yang bertindak sebagai KPPS tersebut saling menilai dan memberi masukan untuk KPPS lainnya.

 

Perlu diketahui, metode BRIDGE (Building Resources in Democracy, Goverment and Election)  adalah sebuah model pengembangan kemampuan di bidang administrasi penyelenggaraan kegiatan pemilihan,  dimana dengan metode BRIDGE ini bentuk penyederhanaan kepemiluan untuk pengembangan kapasitas kelembagaan dan kapasitas diri penyelenggara Pemilu. Dengan metode BRIDGE, peserta Bimtek diajak untuk aktif berperan serta sebagai penyelenggara. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *