06 Apr

MENUJU PLENO DPSHP PPS DAN PPK, DIVISI PRODAT KPU KOTA BATU RAPATKAN BARISAN

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (05/04/2018) – Menuju terwujudnya Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemillih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) tidaklah serta merta hadir begitu  saja. DPSHP hadir dari perbaikan DPS yang merupakan hasil dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dari kegiatan coklit serentak yang dilakukan selama 30 hari (20 januari sampai dengan 18 Pebruari 2018). Sebelum menjadi DPT,  DPSHP akan di rapat plenokan terlebih dahulu di tingkat PPS dan PPK.  KPU Kota Batu dalam hal ini Divisi Prodat, menyadari akan pentingnya data pemilih yang mutakhir, akurat dan komprehensif, menjelang diadakannya rapat Pleno dalam tingkat PPS dan PPK pada tanggal 10  dan 12 April 2018, mengadakan rapat intern Divisi Prodat, Senin (09/03).

Pengumuman DPS atau DPSHP tidak  hanya bertujuan untuk mensosialisasikan data pemilih supaya diketahui oleh publik atau pemilih itu sendiri, namun lebih dari itu untuk mengetahui tanggapan masyarakat terhadap data yang perlu untuk dilakukan perubahan. Makna penting lainnya adalah terciptanya semangat demokrasi dalam Pemilu yang adil dan demokratis.

Dan, pemuktahiran data pemilih itu sendiri memberikan ruang pada masyarakat atau stakeholder untuk memberikan partisipasinya dan ruang partisipasi tersebut adalah DPSHP.

“Rapat Pleno DPSHP di tingkat PPS se Kota Batu akan dilaksanakan besok, Selasa 10 April 2018 dan untuk PPK se Kota Batu pada hari Kamis 12 April 2018. Hasil dari PPK se Kota Batu akan di plenokan di tingkat KPU Kota Batu,” Jelas Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Batu (Ashar Chilmi).

Sebagai informasi,  tanpa data pemilih yang baik kualitas pemilu akan dipertanyakan. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

95 − 92 =