22 Jun

MENJELANG MASA TENANG, KPU KOTA BATU KOORDINASI PENURUNAN APK PILGUB JATIM 2018

Batu, kpu-kotabatu.go.id(22/06/2018) Tahapan kegiatan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 sudah mendekati masa tenang. Masa tenang sendiri terhitung tiga hari sebelum hari H  pemilihan yaitu mulai tanggal 24 – 26 Juni 2018. Dalam masa tenang tersebut, Alat Peraga Kampanye (APK) dilakukan penurunan atau APK sudah harus bersih dari titik pemasangan di pinggir jalan.KPU Kota Batu menjelang masa tenang, mengadakan Rapat Koordinasi Persiapan Masa Tenang dan Penurunan APK Pilgub Jatim 2018, Jumat (22/06) di Resto Bu Atik Jalan Haji Agus Salim Batu.

Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan masa tenang dan penurunan APK Pilgub Jatim 2018 dihadiri oleh : Polres Kota Batu, Panwaslu Kota Batu, Kodim 0818, Korem, Kesbangpol dan Tim Kampanye Pemenangan Paslon nomor urut 1 dan 2.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas (Saifudin Zuhri) menjelaskan bahwasanya penurunan APK Pilgub Jatim 2018 terkait masa tenang, termaktub dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU)  Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota dan Wakil Walikota.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panwaslu Kota Batu (Abdur Rochman) memberikan himbauan pada partai politik pengusung masing-masing pasangan paslon dalam Pilgub Jatim 2018 untuk mentaati aturan dan regulasi yang sudah ada. Menurut Abdur Rochman, banyak beredar stiker kecil dengan gambar dan nomor paslon di tembok-tembok dan pohon. Untuk itu, dalam masa tenang ini dimohon untuk membersihkan APK  yang telah terpasang tersebut.

Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan masa tenang dan penurunan APK Pilgub Jatim 2018 menghasilkan kesepakatan bersama, yaitu : Penurunan APK secara simbolis pada tanggal 23 Juni 2018 pukul : 24:00 WIB dengan titik penurunan di Jalan Sultan Agung Kota Batu. Penurunan APK secara simbolis ini dilakukan bersama-sama dengan KPU Kota Batu, Panwaslu Kota Batu, Polres, Kodim, Korem, Kesbangpol, Satpol PP dan Tim Kampanye Pemenangan Paslon 1 dan 2.

KPU RI sendiri  telah menetapkan pemungutan suara pilkada serentak akan gelar pada 27 Juni 2018. Ada 171 daerah yang akan berpartisipasi. Dari 171 daerah tersebut, ada 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 6