13 Feb

Mencegah Penyalahgunaan, KPU Kota Batu Musnahkan Surat Suara Rusak

Batu, kpu-kotabatu.go.id – KPU Kota Batu, pada hari Jumat (10/2), melakukan pemusnahan surat suara yang rusak dan lebih. KPU Kota Batu beserta Panwas Kota Batu, Kepolisian dan sejumlah awak media menyaksikan pemusnahan surat suara yang rusak dan lebih setelah dilakukannya setting packing pada hari sebelumnya oleh PPK dan PPS dari 3 Kecamatan di Kota Batu secara bergiliran. Jumlah surat suara yang dimusnahkan adalah sejumlah 899 surat suara.

Komisioner KPU Kota Batu yang merupakan Divisi Umum, Keuangan dan Logistik, memaparkan bahwa dari 899 surat suara yang dimusnahkan terdapat 768 lembar surat suara yang rusak, “Surat suara yang rusak sejumlah 768 lembar,  terdiri dari 167 surat suara yang cetakannya tembus, 134 lembar yang ada bercak tinta dan kotor, 13 lembar yang potongannya lebih, 67 lembar yang halaman KPPS nya kosong, 41 lembar yang terpotong, 86 lembar yang sobek, 254 lembar yang tidak simetris, dan 6 lembar yang logo kota Batunya, tidak sesuai warna aslinya,” papar Erfanudin.

Selain itu Erfanudin menyebutkan sesuai dengan perundang-undangan surat suara yang rusak dan surat suara yang lebih dari kebutuhan harus dimusnahkan supaya tidak disalahgunakan. Ketua KPU Kota Batu menegaskan bahwa  pada pilkada serentak 2017 kebutuhan surat suara pada Pilwali Kota Batu 2017 adalah sejumlah 153. 674 lembar, “Kebutuhan surat suara untuk Pilwali Batu 2017, adalah akumulasi dari 151,674 surat suara, ditambah Surat Suara untuk kebutuhan pemilihan ulang sebanyak 2000 lembar, sehingga total menjadi 153.674, jelas Rochani.

Seremonial pemusnahan surat suara tersebut ditandai dengan pembakaran surat suara secara bersama-sama oleh Ketua KPU Kota Batu, Anggota Panwas Kota Batu dan Perwakilan dari Polres Batu.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

66 − = 59