16 Apr

MASYARAKAT KOTA BATU APRESIASI SOSIALISASI GELAR SENI BUDAYA PILKADA JAWA TIMUR TAHUN 2018 OLEH KPU KOTA BATU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (14/04/2018) – Sosialisasi Gelar Seni Budaya Pilkada Jawa Timur Tahun 2018 yang digagas oleh KPU Kota Batu di Pasar Parkiran, Sabtu(14/04) dipadati lebih dari 500 penonton, baik  masyarakat Kota Batu maupun wisatawan yang datang berkunjung ke Kota Batu. Parade Barong dari komunitas barong Kota Batu manjadi daya tarik tersendiri pada gelaran sosialisasi Pilkada Jawa Timur Tahun 2018.

Rasa ingin tahu yang mendalam dengan kehebatan barong-barong Jawa ini, mengantar masyarakat Kota Batu untuk menyaksikan secara langsung kepiawaian barongers Kota Batu. Seperti yng diungkapkan seorang ibu yang datang sengan suami dan dua anaknya ini. “ Saya tertarik dan ingin tahu, apa yang akan dilakukan barong-barong Kota Batu terutama glendho barong kepruk dan barong sabet,” terang seorang ibu sebut saja namanya Mariana.

Pertunjukkan awal, penonton dihibur dengan tampilan Parade Jathil Obyog. Kemudian, para barong pun tampil bersama-sama, seperti : Barongsai Jawa, Rampak Kucing Malangan, Glendho Barong Kepruk, Barong Sabet dan Reog Ponorogo.

Glendho Barong Kepruk dengan formasi 9 orang membawa barong seberat 65 kilogram, rupanya menarik perhatian penonton yang hadir memenuhi Pasar Parkiran. Bisa dibayangkan, ketika barong seberat 65 kilogram tersebut  dihantamkan  di paha sehingga keluar bunyi  “pruk”.

Ada atraksi debus dengan menyemburkan api dari mulut pemain glendho barong kepruk.

“Waktu barong dihantamkan ke paha, saya sempat menyeringai,” terang salah satu penonton yang sedang berwisata ke Kota Batu bersama keluarganya.

Parade Barong yang bertemakan Sosialisasi Gelar Seni Budaya Pilkada Jawa Timur Tahun 2018 ini juga sebagai upaya yang dilakukan oleh KPU Kota Batu dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur  Jawa Timur (Pilgub Jatim) Tahun 2018.

Seperti yang diungkapkan oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM daan Parmas (Saifudin Zuhri) bahwasanya acara Sosialisasi Gelar Seni Budaya Pilkada Jawa Timur Tahun 2018 ini diharapkan bisa meningkatkan partisipasi masyarakat Kota Batu untuk datang ke TPS pada tanggal 27 Juni 2018. Disamping itu, KPU Kota Batu juga mensosialisasikan calon pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur dalam Pilgub Jatim 2018.

Gelaran seni budaya yang mumpuni, di samping melestarikan budaya bangsa juga  turut menyukseskan kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *