11 Agu

MASYARAKAT BERKESEMPATAN MEMBERIKAN MASUKAN DAN TANGGAPAN TERHADAP BACALEG, USAI DCS DPRD KOTA BATU DALAM PEMILU 2019 DIUMUMKAN

Tlekung,kpu-kotabatu.go.id(11/08/2018) Pengumuman DCS terhadap calon anggota DPRD Kota Batu dalam Pemilu 2019 dijadwalkan tanggal 12 sampai dengan 14 Agustus 2018. Setelah pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS), KPU memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan masukan dan tanggapan terhadap calon anggota DPRD Kota Batu dalam Pemilu 2019.

Seperti disampaikan oleh Ketua KPU Kota Batu(Rochani) dalam Rapat Koordinasi Dalam Rangka Permintaan Persetujuan Rancangan Daftar Calon Sementara dan Penetapan Daftar Calon Sementara dan Penetapan Daftar Calon Sementara anggota DPRD Kota Batu dalam Pemilihan Umum Tahun 2019, Sabtu(11/08) di Aula KPU Kota Batu Lantai 2.

Rochani menjelaskan di depan partai politik peserta Pemilu 2019 yang hadir bahwasanya setelah DCS diumumkan di media cetak dan elektronik, masyarakat diminta untuk memberikan masukan dan tanggapan terhadap calon anggota DPRD Kota Batu dalam Pemilu 2019. Masukan dan tanggapan masyarakat dijadwalkan tanggal 12 sampai dengan 21 Agustus 2018.

Masyarakat dalam memberikan masukan dan tanggapan pada KPU Kota Batu dengan menyertakan identitas diri yang masih berlaku.

Tahapan selanjutnya adalah, KPU Kota Batu meminta klarifikasi pada partai politik peserta Pemilu 2019. Permintaan klarifikasi kepada partai politik atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DC dijadwalkan selama satu minggu, 22 sampai dengan 28 Agustus 2018.

“Partai politik diberi waktu selama tiga¬† hari yaitu pada tanggal 29 sampai dengan 31 Agustus 2018 menyampaikan klarifikasi kepada KPU Kota Batu secara tertulis,” terang Ketua KPU Kota Batu, Rochani.

Penggantian Bacaleg bisa dilakukan pada tanggal 1 sampai dengan 3 September 2018 jika hasil klarifikasi menyatakan calon anggota DPRD Kota Batu Tidak memenuhi Syarat (TMS).

Pencalonan anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi. dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 1