01 Agu

Launching Pilwali Kota Batu Tahun 2017 Berlangsung Dengan Semarak

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Sekitar pukul 20.00 WIB (30/7) acara inti Launching Pilwali Kota Batu Tahun 2017 dimulai. Terlihat dari kursi para undangan yang hadir adalah Walikota Batu Eddy Rumpoko beserta istri, Jajaran Forkompinda Kota Batu, Ketua Bawaslu Prof. Dr. Muhammad, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito dan Anggota Komisioner KPU Jawa Timur, Kepala Biro Perencanaan dan Data Setjen KPU RI Purwoto Ruslan Hadi, Wakil Kepala Biro Logistik Susilo Hadi, Kepala Bagian Bina Partisipasi Masyarakat Titik Prihati Wahyuningsih, Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur Eberta Kawima dan Sekretaris Bawaslu Provinsi Jawa Timur Edy Supriyanto, SKPD, Kades/Lurah, Ketua BPD dan LPMK, Pimpinan Media Massa, pimpinan organisasi masyarakat, pimpinan organisasi keagamaan, Kepala Sekolah SMA/K serta Ketua OSIS SMA/K Se-Kota Batu.

Dalam acara tersebut turut mengenang mendiang Ketua KPU Alm. Husni Kamil Malik yang dibalut dengan pemutaran video Beliau bertajuk “In Memoriam Husni Kamil Manik”. Dalam sambutannya, Rochani selaku Ketua KPU Kota Batu mengatakan bahwa mendiang Alm. Husni Kamil Manik menjadi teladan yang luar biasa bagaimana untuk menjadi penyelenggara pemilu yang berintegritas, sesuai dengan kaidah konstitusi dan tetap berpegang teguh pada kode etik, menjalankan pemilihan dengan sebuah proses yang menyenangkan dengan tetap mengakomodir budaya lokal.

Pada kesempatan tersebut disampaikan kepada masyarakat bahwa Pilwali Kota Batu tahun 2017 ini menjadi sangat istimewa karena Kota Batu merupakan satu-satunya di Jawa Timur dan termasuk 101 penyelenggara Pilwali di seluruh Indonesia. Maka dari itu Rochani dan Walikota Batu yang pada saat itu juga turut memberikan sambutan menghimbau agar pelaksanaan Pilwali bisa berjalan dengan aman, tertib dan damai. “Saya berharap kepada penyelenggara khususnya KPU dan Panwas serta TNI, POLRI dan juga tokoh masyarakat dan agama, dan juga pimpinan parpol bagaimana menyelenggarakan demokrasi yang baik dan sehat untuk warga Kota Wisata Batu.” ujar Eddy Rumpoko.

Mewakili Gubernur Jawa Timur, Kepala Kesbanglinmas Provinsi Jawa Timur Jonathan Judianto dalam sambutannya berkata bahwa penyelenggara yang sukses ada tiga hal yaitu terselenggara dengan aman, tertib dan lancar sesuai dengan jawal yang ditetapkan. Kedua sukses partisipatif, dimana masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan yang ketiga adalah sukses hasil, yaitu melahirkan pejabat yang amanah.

Ketua Bawaslu Prof. Dr. Muhammad dalam sambutannya mengatakan bahwa pilkada Batu ini istimewa karena dua alasan yaitu pilkada Batu adalah satu-satunya di Jawa Timur, dimana Jawa Timur adalah barometer Indonesia. Kedua adalah tidak ada di Indonesia dimana Ketua KPU nya seorang srikandi (Rochani) Ketua Panwasnya juga seorang Srikandi (Salma Safitri).

Dalam acara ini juga diumumkan pemenang Sayembara Cipta Maskot dan Jingle Pilwali Kota batu Tahun 2017. Juara 1 pemenang maskot adalah Ikhsan Dwiono dari Semarang, sedangkan untuk Jingle adalah Galih Zakaria dari Kabupaten Malang yang saat itu berkesempatan perform secara langsung. Setelah itu, dilakukan pemotongan tumpeng untuk diserahkan kepada Ketua MUI Kota Batu, Perwakilan Pemilih Pemula dan Difabel. Dilanjutkan pembacaan doa oleh tujuh pemuka agama agar Pilwali Kota Batu berjalan dengan aman, tertib, dan damai. Acara launching pun semakin marak dengan hiburan pesta kembang api, dimana sebagai penanda bahwa tahapan Pilwali Kota Batu Tahun 2017 sudah dimulai.

Selesai acara inti, masih dilanjutkan dengan hiburan untuk masyarakat Kota Batu yang terdiri dari band rock asal Malang, Decky Donald ft. Hockey Rocky, serta bintang tamu utama yaitu BIAN Gindas.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

78 − = 77