18 Mar

Kunjungan Kerja KPU Kabupaten Halmahera Selatan ke KPU Kota Batu

Jumat, 6 Maret 2015 KPU Kota Batu menerima kunjungan kerja KPU Kabupaten Halmahera Selatan dalam rangka study banding manajemen penyelenggaraan pemilu menjelang dilaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan pada bulan Desember 2015.

Hadir pada acara tersebut empat orang Komisioner KPU Kabupaten Halmahera Selatan, Sekretaris, Bendahara, Operator Sistem Data pemilih (Sidalih), Operator Sistem Informasi Pencalonan  (Silon) dan Operator Sistem Informasi Logistik (Silog). Jajaran KPU Kabupaten Halmahera Selatan juga membawa serta lima orang jurnalis dari berbagai media di Halmahera Selatan, berturut-turut Sdr. Irwan Marsaoly, Risman Rasyid, Suparto, Irvan Abd. Rahman dan Ikbal Bafaqih.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Batu Rochani menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih sudah memilih KPU Kota Batu sebagai tempat study banding. “Sebagai sesama penyelenggara pemilu kita memiliki tanggung jawab yang sama, situasi dan kearifan lokal lah yang membuat dinamika pemilu di masing-masing daerah menjadi sangat beragam. Mudah-mudahan, kedua belah pihak dapat saling bertukar pengalaman dan pengetahuan  serta membawa nilai positifnya untuk dikembangkan di wilayah kerja masing-masing. Dengan bertukar pengalaman satu dengan yang lain juga mampu menumbuhkan rasa bersyukur dan saling memberi motivasi untuk mengabdi lebih baik lagi. semoga bisa saling memberi manfaat”.

Plt Ketua KPU Kabupaten Halmahera Selatan, Alfian Hasan pada sambutannya juga menyatakan ingin saling berbagi pengalaman terkait tata kelola penyelenggaraan pemilu di Kota Batu, Karena menilai KPU Kota Batu telah dianggap berhasil menyelesaikan persoalan hukum dengan baik. Sebagai sesama penyelenggara pemilu, KPU Kabupaten Halmahera Selatan juga ingin berbagi strategi dalam upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu.

Beberapa topik yang dibahas dalam kunjungan tersebut adalah terkait peningkatan partisipasi masyarakat, strategi penyelesaian masalah hukum, peningkatan peran serta para stake holder dan membangun komitmen bersama sebagai penyelenggara pemilu yang berintegritas.

Selain berdiskusi, juga dilakukan observasi ke masing-masing ruangan subbag di Sekretariat KPU Kota Batu untuk menggali pengalaman dan berbagi pengetahuan tentang tata kelola penyelenggaraan pemilu. Acara penerimaan kunjungan kerja berlangsung mulai pukul 09.30 WIB dan berakhir pada pukul 11.30 WIB dengan berfoto bersama di halaman kantor KPU Kota Batu.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *