31 Mei

KPU RI Instruksikan Upaca Bendera di Hari Lahir Pancasila

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Satu tahun yang lalu Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila. Dalam Kepres tersebut diputuskan tiga hal. Pertama; menetapkan 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila. Kedua; 1 Juni sebagai hari libur Nasional. Ketiga; pemerintah dan seluruh komponen bangsa harus memperingati hari lahir Pancasila setiap 1 Juni.

Keputusan tersebut dilatarbelakangi dari dari sejarah para pendiri bangsa kita yang melakukan sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia), dalam sidang yang dilaksanakan pada tanggal 29 Mei sampai dengan 1 juni tersebut dipimpin oleh dr. KRT Radjiman  widyodiningrat dengan pembahasan utama masalah dasar Indonesia Merdeka. Pada tanggal 1 Juni 1945 Ir. Soekarno selaku anggota BPUPKI menyampaikan pidato tentang dasar negara Indonesia. Dalam pidato tersebut dikenalkan pertama kali istilah Pancasila.

Besok, tanggal 1 juni 2017 Kita akan memperingati hari lahirnya Pancasila dan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia telah mengeluarkan surat edaran No 4 Tahun 2017 tentang pelaksanaan Hari Lahir Pancasila tahun 2017 , dalam surat edaran tersebut disampaikan kepada seluruh pejabat fungsional dan  karyawan / karyawati di lingkungan KPU Prov/KPU Kab Kota untuk melaksanakan Upacara Bendera pada hari kamis tanggal 1 Juni 2017.

Berangkat dari surat edaran KPU RI diatas, KPU Kota Batu akan melaksanakan Upacara Bendera Memperingati Hari Lahirnya Pancasila pada Hari Kamis, tanggal 1 Juni 2017 Pukul 08.00 Wib di halaman Kantor KPU Kota Batu.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

93 − = 83