18 Jan

KPU Pastikan SITUNG Tidak Ada Kendala Dengan Uji Coba

Batu, kpu-kotabatu.go.id – KPU Kota Batu melaksanakan uji coba Sistem Informasi Penghitungan (SITUNG) yang dilakukan serentak secara nasionel pada hari Rabu (18/1).

KPU Kota Batu melaksanakan uji coba nasional aplikasi sistem informasi penghtungan (SITUNG) yang akan digunakan dalam Pilkada serentak pada tanggal 15 Februari 2017. Uji coba ini adalah uji coba ketiga yang diikuti oleh KPU Kota Batu secara serentak.

Uji Coba SITUNG ini diawali dengan mengunduh aplikasi Scan C.1, E Rekapitulasi dan Form Rekapitulasi yang terbaru di Portal SIDALIH. Selanjutnya dibantu operator aplikasi SITUNG Dimas Brahmadi membuat isian formulir C1 dan lampirannya sebanyak 40 TPS yang tersebar di 10 Desa dari 3 Kecamatan di Kota Batu.

Komisioner KPU Kota Batu divisi Perencanaan dan Data Ashar Chilmi mengatakan bahwa pada uji coba yang ketiga aplikasi SITUNG telah mengalami beberapa perbaikan, “Beberapa perbaikan aplikasi SITUNG tahap ketiga yang telah diuji coba diantaranya adalah tampilan awal aplikasi yang sudah mulai lebih menarik, selain itu pasca entri data hingga kirim sudah tidak ada trouble terkait koneksi,” jelas Ashar. 

Selama uji coba dilakukan Ashar menemukan beberapa kendala dalam proses uji coba aplikasi SITUNG yang salah satunya terkait dengan proses pindai atau scan, “Masih ada kendala dalam pindai aplikasi tiba-tiba aplikasi menutup sehingga mengganggu tahapan scan dan kirim berikutnya,” ungkap Ashar.

Ashar menyatakan kendala yang terjadi pada uji coba ketiga tersebut akan dikomunikasikan kepada KPU RI untuk mendapatkan perhatian khusus, “Hasil uji coba ketiga ini akan dilaporkan kepada KPU RI melalui group SITUNG agar segera mendapat perhatian khusus untuk diperbaiki sehingga memudahkan proses pindai yang akan diterapkan pada pemungutan suara,” terang Ashar

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 50 = 59