28 Feb

KPU MENGHADAPI TAHAPAN-TAHAPAN KRUSIAL YANG SALING BERSINGGUNGAN DI PILKADA 2018 DAN PEMILU 2019

Mojokerto, kpu-kotabatu.go.id (27-28/02/2018) Tahapan, jadwal dan program Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 sudah dipastikan bersinggungan dengan tahapan, jadwal dan program Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 untuk Pileg 2019 dan Pilpres 2019. Tahapan antara Pilkada 2018 dengan Pemilu 2019 ini mempunyai jadwal yang saling bersinggungan. Inilah tantangan yang dihadapi KPU Kota Batu dan KPU Kabupaten/Kota yang menghadapi dua pemilihan sekaligus.

Sebagai gambaran, di bulan Februari 2018, ada dua kegiatan yang harus dijalankan KPU sebagai lembaga penyelenggara Pemilu. Untuk Tahapan Pilkada 2018, KPU mempunyai agenda : Penetapan pasangan calon perseorangan di tanggal 12, Pengundian dan pengumuman Nomor Urut pasangan calon perseorangan, Penyerahan laporan awal dana
kampanye dan 15 Februari 2018 adalah awal masa kampanye Pilkada 2018. Sedangkan untuk tahapan Pemilu 2019, KPU mempunyai agenda : penyusunan Berita Acara (BA) hasil verifikasi faktual kepengurusan & keanggotaan tingkat Kabupaten/Kota, Awal penetapan Dapil DPRD Kabupaten/Kota di tanggal 8 Februari, Penetapan partai politik peserta Pemilu 2019, Pengundian & penetapan nomor urut partai politik peserta Pemilu 2019 di tanggal 18 Februari kemudian Pengumuman partai politik peserta Pemilu 2019.

Tahapan kegiatan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 yang saling bersinggungan ini, dibahas oleh Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Divisi Perencanaan dan Data (Choirul Anam) dalam sambutannya di hadapan peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Perencanaan dan Pengadaan Perlengkapan Pemungutan Suara Pilkada Serentak 2018 yang diadakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur di Hotel Ayola Mojokerto, (27-28/02).

Dalam penjelasannya, Komisioner KPU Provinsi Jatim Divisi Perencanaan dan Data (Choirul Anam) mengungkapkan bahsawanya KPU saat ini menghadapi tahapan-tahapan krusial dikarenakan adanya 2 kegiatan yang saling bersinggungan untuk tahapan, jadwal dan program yaitu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

“Tahapan-tahapan Pemilu 2019 diperlukan konsentrasi. Ini minggu yang sangat krusial,” ungkap Choirul Anam. Beberapa kegiatan seperti evaluasi kinerja oleh Badan Adhoc, kebijakan-kebijakan KPU RI yang harus dilaksanakan, Verifikasi partai politik,penetapan Darah Pemilihan (Dapil).

Choirul Anam juga mengingatkan untuk memperkuat konsolidasi internal, Komisioner dan Sekretariat di tubuh KPU masing-masing dalam menghadapi tahapan-tahapan krusial. “Lakukan tugas dan tanggung jawab juga harus pahami tugas adalah sebagai kewajiban kolektif kolegial. Sinergisitas antar komisioner dan internal sekretariat,” jelas Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Divisi Perencanaan dan Data (Choirul Anam).

Dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengadaan Perlengkapan Pemungutan Suara Pilkada 2018 ini yang diselenggarakan KPU Provinsi Jatim ini, KPU Kota Batu diwakili oleh Ketua KPU Kota Batu sekaligus Divisi Teknis (Rochani), Komisioner KPU Kota Batu Divisi Umum, Keuangan dan Logistik (Erfanudin) dan Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo). (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

87 − = 86