30 Nov

KPU Membuat Sistem KPU Untuk Membangun Kepercayaan Publik

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Dalam rangka membangun kepercayaan publik maka KPU membangun beberapa sistem yang kedepannya akan makin dikembangkan, sehingga memudahkan publik untuk mengakses segala informasi terkait penyelenggara ataupun kegiatan penyelenggaraan pemilihan.

Berikut kami perkenalkan beberapa sistem tersebut:

1. e-PPID diluncurkan sebagai wujud komitmen KPU dalam mendukung keterbukaan informasi publik. e-PPID merupakan sarana pelayanan online bagi publik untuk mengajukan permohonan informasi, mengajukan keberatan, dan mengetahui status permohon informasi.

 http://ppid.kpu.go.id/

2. SITAP adalah sistem tahapan yang memberikan informasi tahapan apa saja yang telah sedang atau yg akan berlangsung.

https://pilkada2017.kpu.go.id/

3. SIPP adalah Sistem Informasi Penyelenggara Pemilu yang berbasis online. Dalam SIPP memuat informasi dan data para penyelenggara  pemilu mulai dari komisioner, pegawai KPU sampai badan ad hoc. Selain menyediakan data informasi tentang data diri dan riwayat penyelenggara, SIPP juga menyajikan data kinerja para pegawai KPU.

http://sipp.kpu.go.id/

4. SILOG adalah sistem informasi logistik yang bertujuan memberikan banyak informasi terkait kebutuhan logistik dalam kegiatan pemilihan, salah satunya mampu menampilkan peta jalur distribusi logistik, seperti surat suara, kotak suara, formulir, tinta dan sebagainya. Hingga di mana letak kantor KPU sesuai titik koordinat. Di situ bisa dilihat berdasar map satelit, peta jalan, di sini juga bisa ditampilkan jalur pengiriman distribusi apakah lewat laut, darat dan udara. Bahkan bisa diketahui sebaran TPS, PPK, kantor KPU di 33 provinsi se-Indonesia, dan lain sebagainya. Lewat sistem ini, volume logistik Pemilihan akan bisa dipantau.

http://silog.kpu.go.id/

5. SILON adalah Sistem Informasi Pencalonan dibangun untuk memudahkan proses tahapan pencalonan, baik bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara, maupun untuk para bakal pasangan calon yang hendak berpartisipasi dalam Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah

https://silon.kpu.go.id/

6. SIPAW adalah sistem yang memberikan informasi penggantian antar waktu anggota DPR RI, DPD, dan DPRD.

 http://paw.kpu.go.id/

7. SIDALIH adalah Sistem yang memberikan informasi terkait pemilih by name by address yang publik semua bisa mengecek telah masuk dalam dpt di wilayah mana, tps mana yg bersangkutan berada.

https://sidalih.kpu.go.id/

8. SiIMONIKA adalah Sistem Monitoring dan Informasi Keuangan. Dalam rangka mengingkatkan aspek transparansi dan akuntabilitas pengelolaan anggaran, publik dapat mengakses seluruh anggaran yang terdapat dilingkungan KPU melalui sistem ini. Portal ini juga digunakan oleh KPU Propinsi dan Kabupaten/Kota untuk melakukan pelaporan kegiatan keuangan pada unit kerja masing-masing.

http://simonika.kpu.go.id/

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 39 = 44