06 Sep

KPU KOTA PADANG PANJANG KUNJUNGI KPU KOTA BATU UNTUK SHARING SKILL TENTANG PELAKSANAAN PILWALI

Tlekung,kpu-kotabatu.go.id (06/09/2018) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu,Kamis(06/09/2018) dikunjungi KPU Kota Padang Panjang Sumatera Barat. Rombongan yang dipimpin oleh Komisioner KPU Kota Padang Panjang Divisi Hukum (Winda Aprizona) diterima langsung oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi Keuangan, Umum dan Logistik (Erfanudin). Kunjungan KPU yang baru saja melaksanakan  Pilwako 2018 ini bertujuan untuk sharing skill terkait bagaimana meningkatkan partisipasi pemilih dan sistematika  pelaporan kegiatan Pilwali. KPU Kota Batu sendiri telah melaksanakan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota pada tahun 2017 dan setelah itu Pilgub Jatim 2018 pada tanggal 27 Juni 2018.

Komisioner KPU Kota Padang Panjang Divisi Hukum (Winda Aprizona) terkait dengan kegiatan Pilwali yang telah dilakukan KPU Kota Batu pada tahun 2017, banyak bertanya terkait partisipasi pemilih Kota Batu yang mencapai kisaran 82 persen. Disamping itu, Winda juga menanyakan tentang  sistematika pelaporan kegiatan Pilwali yang telah dijalankan KPU Kota Batu.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi Keuangan, Umum dan Logistik (Erfanudin)  yang didampingi oleh Sekretariat KPU Kota Batu (Thomas Maydo), Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas (Ariansyah Mustafa) dan Kasubbag Program dan Data (Irfan Darmawan) menjelaskan tentang beberapa kegiatan yang dilakukan KPU Kota Batu pada kegiatan sosialisasi. Sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Kota Batu diantaranya adalah merekrut Relawan Demokrasi yang mempunyai segmentasi masing-masing, seperti pemilih pemula, perempuan,difabel,kelompok keagamaan,kelompok marginal, komunitas dan warga internet.

Lebih lanjut Erfanudin juga menjelaskan, selain Relawan Demokrasi, KPU Kota Batu sendiri melakukan sosialisasi yang menyasar pada beberapa komunitas secara langsung. Sosialisasi yang diadakan untuk meningkatkan partisipasi pemilih juga dilakukan di tingkatan PPK dan PPS.

“Kami merasa dapat ilmu tambahan dengan melakukan kunjungan ke KPU Kota Batu tentang bagaimana cara meningkatkan partisipasi pemilih, diantaranya dengan pembentukan relawan demokrasi,” ungkap Komisioner KPU Kota Padang Panjang Divisi Hukum ini ketika  hendak meninggalkan KPU Kota Batu.

Kunjungan KPU Kota Padang Panjang ini disamping Komisioner KPU Kota Padang Panjang, juga diikuti oleh Kasubbag Hukum,Staff Hukum dan Staff Teknis KPU Kota Padang Panjang. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

65 − = 56