23 Mar

KPU KOTA BATU SOSIALISASIKAN MAPING, PERSIAPAN PEMBENTUKAN BADAN ADHOC PENYELENGGARA PEMILU 2024

Batu, kpu-kotabatu.go.id (22 Maret 2022) – Anggota KPU Kota Batu Divisi Sosdiklih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Marlina, menjadi narasumber dalam acara talkshow Maping, Persiapan pembentukan badan adhoc penyelenggara pemilu serentak tahun 2024 yang diadakan secara live di Tidar Sakti FM, Selasa (22/3).

Badan Adhoc berpengaruh besar dalam jalannya tahapan pemilu 2024. Sehingga perlu persiapan sejak dini. Dalam acara bincang-bincang tersebut Marlina memaparkan tiga badan penyelenggara pemilu yaitu KPU, Bawaslu dan Dewan kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Di KPU secara hierarkis ada KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang sifatnya permanen, dipimpin oleh para komisioner yang masa jabatan selama lima tahun dan maksimal bisa menjabat selama dua periode.

Penyelenggara Badan Adhoc sifatnya kepanitiaan yaitu prosesnya penyelenggaraan orang-orang yang membantu suksesnya penyelenggaraan pemilu dan pemilihan pada masa tahapan penyelenggaraan pemilu.
Badan Adhoc terdiri dari Panitia Pemilihan Kecamatan di tiga kecamatan di Kota Batu, Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan/desa dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang berjumlah ribuan orang yang tersebar di TPS se-Kota Batu.
KPU Kota Batu butuh persiapan sejak dini untuk pembentukan lembaga adhc “Karena secara regulasi-regulasi penetapan pembentukan badan adhoc ini ada masanya. Jauh hari kita membantu mensosialisasikan kepada masyarakat apa persyaratannya,” tuturnya.

Talkshow tersebut juga mengundang Anggota Bawaslu Kota Batu Yogi Eka Chalid.F, S.Sos. Yang menjelaskan badn Adhoc di Bawaslu Kota Batu. Acara berlangsung selama satu jam mulai jam 10.00 WIB sampai 11.00 WIB.

Talkshow ini juga bisa disaksikan di kanal Youtube resmi KPU Kota Batu https://www.youtube.com/watch?v=D_4QDDRGiHw&t=246s

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 83 = 93