21 Feb

KPU Kota Batu Menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kampanye PILGUB 2018

Tlekung, (21/02/2018) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu mengundang Kapolres Batu, Dandim 0818, Camat se-Kota Batu, Kapolsek se-Kota Batu, Danrem se-Kota Batu, Ketua Panwas dan anggota PPK se-Kota Batu dan Satpol PP dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 yang diadakan di Aula KPU Kota Batu, Rabu (21/02). Dalam Rakor Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 sebagai moderator adalah : Komisoner KPU Kota Batu Divisi Hukum, Pengawasan, SDM dan Organisasi (Mardiono) dan narasumbernya Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Saifudin Zuhri). Saifudin Zuhri dalam pemaparannya menjelaskan tentang teknis pelaksanaan kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018.(buka link disini untuk Teknis Pelaksanaan Kampanye)

Sessi selanjutnya diisi oleh Abdul Rochim (Anggota Panwas Kota Batu). Abdul Rochim banyak menjelaskan tentang rambu-rambu yang harus dipatuhi oleh partai politik dalam melakukan kampanye. Di samping itu Abdul Rochim juga menekankan perlunya pemberian informasi dari partai politik pendukung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur ke KPU dan Panwas jika melakukan kegiatan kampanye di wilayah Kota Batu dan sekitarnya.

Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) juga disinggung oleh Panwas Kota Batu, yaitu pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) hendaknya di lokasi yang sudah difasilitaasi oleh KPU Kota Batu, namun jika pemasangannya di luar lokasi yang sudah difasilitasi KPU Kota Batu, hendaknya tim kampanye partai politik menginformasikan pada KPU Kota Batu. Hal ini juga dijelaskan oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Saifudin Zuhri) bahwasanya pemasangan tambahan APK yang dibuat oleh pasangan calon jika dilakukan di lokasi yang berbeda dengan pemasangan APK yang difasilitasi oleh KPU Kota Batu, harus memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan dan persetujuan yang bersangkutan apabila dipasang di lokasi pribadi.

Sebagai informasi, masa kampanye bagi pasangan calon pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 terhitung 129 hari dikurangi 10 hari libur nasional, jadi masa kampanye efektif adalah 119 hari dimulai tanggal 15 Februari 2018 dan berakhir 23 Juni 2018. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

79 + = 88