03 Mar

KPU KOTA BATU MENJADI NARASUMBER DI STUDENT TALK

Batu, kpu-kotabatu.go.id (03 Maret 2022) – Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum dan Pengawasan Thomi Rusy Diantoro menjadi narasumber di acara student talk yang diselenggarakan oleh Pelajar NU Kota Batu dan bertempat di SMP Raden Fatah Sidomulyo Kota Batu, Kamis (03/03).

Selain dari KPU Kota Batu sebagai narasumber, hadir juga Anggota Bawaslu Kota Batu Yogi Eka Khalid dan Wakil Ketua DPRD Kota Batu Nurochman. Dalam bincang-bincang dengan tema Pelajar Hebat, Demokrasi Kuat ini Thomi menyampaikan bahwa demokrasi kita bukan hanya demokrasi yang prosedural saja, bukan hanya yang rutinitas 5 (lima) tahunan saja, tetapi bagaimana membangun demokrasi yang subtansial untuk mewujudkan cita-cita bangsa yaitu keadilan soial bagi seluruh rakyat Indonesia. “Saat ini Gen-Z cenderung bersikap apatis terhadap demokrasi, tapi disini terbukti bahwa di Kota Batu pemudanya masih sangat concern untuk mengawal demokrasi yang ada.” ujar Thomi.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kota Batu Yogi Eka menyampaikan bahwa demokrasi tidak terbatas persoalan mengenai pemilu, negara, partai politik ataupun pemerintahan daerah, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah bagaimana keterlibatan rakyat sebagai warga negara untuk ikut serta dalam proses penyelenggaraan negara.

Wakil Ketua DPRD Kota Batu Nurochman juga menyampaikan beberapa ulasan antara lain sebagai agent of change dan agen of control, pemuda diharapkan perannya untuk Indonesia yang lebih baik. Idealisme pemuda dianggap masih bersih, belum terpengaruh oleh kepentingan-kepentingan pragmatis sehingga dapat diasumsikan yang menjaga titik warasnya demokrasi adalah pemuda. ” Sebagai generasi penerus bangsa, pemuda juga wajib untuk terus memperbarui informasi, termasuk perkembangan politik dan demokrasi di negeri ini. ” kata Nurochman. (pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 9 = 10