10 Sep

KPU KOTA BATU MENGIKUTI WEBINAR TANTANGAN INTEGRITAS ELEKTRORAL MENUJU PEMILU TAHUN 2024

Batu, kpu-kotabatu.go.id (10 September 2021) – KPU Kota Batu diwakili Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Marlina mengikuti kegiatan webinar yang diselenggarakan KPU Kabupaten Binjai Sumatera Utara. Webinar yang berjalan hampir tiga jam ini mengupas bagaimana tantangan integritas electoral munuju pemilu tahun 2024, Kamis (09/09/21).

Webinar diisi oleh narasumber dari berbagai laar belakang. Terdapat empat narasumber saat berjalannya diskusi. Narasumber pertama yaitu Anggota Komisi II DPR RI Zulfikar Arse Sadikin, Direktur Eksekutif Perludem Khoirunnisa Nur Agustyati, Ketua KPU  Prov. Sumatera Utara Herdeni Adnin, dan Dekan Fisip UMSU Dr. Arifin Saleh.

Menurut Arifin integritas adalah harga mati. Melalui sikap yang teguh mempertahankan prinsip. Orang yang bertindak sesuai dengan ucapan, tidak berbeda didepan dan dibelakang, konsisten antara apa yang dikatakan dengan apa yang dilakukan. Penyelenggara pemilu dan pemilihan harus mengedepankan kejujuran melalui iman yang kuat dan tahan akan godaan.

Selain itu Arifin menyimpulkan bahwa integritas pemilu merupakan Tindakan konsisten sesuai dengan hasil rapat, kebijakan atau undang-undang, kode etik dan Peraturan KPU.

Sementara itu, berbeda dengan penyampaian Zulfikar, Anggota Komisi II ini menyebutkan pemilu merupakan arena sirkulasi elit, media rill untuk melaksanakan hakikat berdemokrasi. Zulfikar menyebut bahwa integritas electoral ditentukan dari kualitas peserta pemilu, penyelenggara pemilu, serta partisipasi masyarakat yang turut mewarnai dinamika dalam setia proses tahanapan pemilu.

Zulfikar berharap penyelenggara pemilu dapat membangun kesepahaman melalui inventarisasi masalah. Hal ini dapat memperbaiki kualitas penyelenggaraan pemilu. Meski undang-undang pemilu dan pemilihan tidak jadi direvisi, namun  perbaikannya masih dapat dituangkan melalui Peraturan KPU dan Peraturan Bawaslu, tutup Zulfikar. (Mrl)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

36 + = 41