13 Jan

KPU Kota Batu Mengikuti BIMTEK Pemuktahiran Data dan Daftar Pemilih

Batu,kpu-kotabatu.go.id (12/01/2018) – Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) selama dua hari, tanggal 12-13 Januari 2018 menyelenggarakan Bimtek (Bimbingan Teknis) Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 di Hotel Swiss-Belinn Sidoarjo, Jumat (12/01/2018).

Bimtek yang digelar di kota petis Sidoarjo ini dibuka oleh Ketua KPU Jatim (Eko Sasmito) dan diikuti oleh 3 orang peserta dari masing-masing KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur  yaitu satu orang komisioner KPU Kabupaten/Kota dari Divisi Perencanaan dan Data serta 2 (dua) orang operator Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) dari 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Komisioner KPU Jatim Divisi SDM dan Parmas (Gogot Cahyo Baskoro) mengemukakan bahwasanya petugas PPDP disamping melakukan coklit juga ada tambahan tugas yaitu sosialisasi kepada keluarga pemilih yang dicoklit. Hari pertama, Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim (Choirul Anam) memaparkan tentang materi dan arahan yang terkait dengan pemuktahiran data dan daftar pemilih yang dilakukan oleh Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim. Dalam paparannya, Choirul Anam menjabarkan terkait dengan kebijakan yang akan diambil Komisioner terkait persiapan PPDP, distribusi kelengkapan PPDP dan pencetakan formulir.

Pada hari kedua, Staff Ahli Bidang Data dan Informasi Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Nanang Indra Suyitno memaparkan tiga prinsip dasar yang harus dipahami oleh PPDP dalam pelaksanaan Pilgub Jatim 2018 yaitu : harus kooperatif, harus akurat dan harus lebih mutakhir.

Adapun peserta Bimtek dari KPU Kota Batu sendiri adalah : Komisioner KPU Batu Divisi Perencanaan dan Data (Ashar Chilmi) Kasubbag Program dan Data (Irfan Darmawan) dan Operator Sidalih (Septiana Wulandari). Dalam Bimtek kali ini, peserta Bimtek bisa melakukan simulasi yang berkaitan dengan Sidalih dan praktek langsung. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *