07 Feb

KPU Kota Batu Lakukan Uji Publik Terhadap Usulan Daerah Pemilihan Anggota DPRD Kota Batu Dalam PEMILU Tahun 2019

Batu,kpu-kotabatu.go.id (07/02/2018) KPU Kota Batu melakukan uji publik terhadap penataan Daerah Pemilihan untuk anggota DPRD kota Batu dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 di Klub Bunga Jalan Kartika Batu, Selasa (07/02). Uji Publik ini mengundang pimpinan partai yang berada di Kota Batu, Kajari, Dandim 0818, Kepolisian, Panwaslu Kota Batu, Anggota Kepemudaan (KNPI) , Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Pengurus Muhammadiyah, Pengamat Pemilu, Camat Kota Batu dan Lurah/Kepala Desa se-Kecamatan Batu.

Uji Publik yang dilakukan oleh KPU Kota Batu dilakukan setelah KPU Kota Batu melakukan pencermatan usulan empat Daerah Pemilihan (Dapil) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Dengan pencermatan ini, KPU Kota Batu lebih memberikan ruang bagi publik untuk menilai hasil rumusan usulan Dapil. Setelah dilakukan pencermatan, proses selanjutnya adalah uji publik.

Ketua KPU Kota Batu (Rochani) sebagai narasumber Uji Publik terhadap penataan Daerah Pemilihan untuk anggota DPRD kota Batu dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 ini memaparkan tentang beberapa hal terkait dipecahnya Kota Batu menjadi empat Daerah Pemilihan (Dapil) diantaranya adalah bertambahnya jumlah penduduk di kota Batu. Total penduduk kota Batu 203.214 jiwa dengan persebaran Kecamatan Batu 93.202 jiwa, Kecamatan Bumiaji 58.899 jiwa dan Kecamatan Junrejo 51.113 jiwa.

Menurut Rochani, Uji Publik yang dilakukan KPU Kota Batu adalah memberikan fasilitas bagi semua masyarakat seperti partai politik, tokoh masyarakat dan instansi terkait untuk memberikan usulan dalam sebuah forum. Usulan tersebut boleh tentang kritik atau masukan terhadap empat usulan penataan Dapil anggota DPRD kota Batu dalam Pemilu 2019.

Hasil uji publik yang dilakukan KPU Kota Batu terhadap Usulan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Batu Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 menghasilkan enam usulan untuk penataan daerah Pemilu dan alokasi anggota DPRD Kota Batu dalam Pemilu Tahun 2019 dan telah ditanda tangani oleh 53 peserta forum Uji Publik pada tanggal 7 Februari 2018 di Klub Bunga Butik Resort. Untuk selanjutnya hasil uji publik akan dikirim ke KPU RI untuk disetujui.

(klik di sini untuk hasil uji publik)


          

Uji Publik yang dilakukan KPU Kota Batu didasarkan pada turunnya dua keputusan KPU RI Nomor 13/PL.01.3-Kpt/03/KPU/I/2018 tentang jumlah penduduk Kabupaten/Kota dan jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 serta Keputusan KPU RI Nomor 14/PL.01.3-Kpt/03/KPU/I/2018 tentang jumlah penduduk per Kelurahan pada Kecamatan dengan alokasi lebih dari 12 kursi untuk penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi dalam Pemilihan Umum Tahun 2019. (eka/pdp)

    

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 4 = 2