28 Mei

KPU KOTA BATU LAKUKAN UJI COBA NASIONAL SITUNG DALAM PEMILIHAN SERENTAK TAHUN 2018

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (28/05/2018) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menindaklanjuti surat dari KPU RI Nomor : 519/PL.03.6-SD/06/KPU/V/2018 perihal pelaksanaan ujicoba nasional SITUNG pemilihan serentak tahun 2018, Senin (28/05) mengadakan Ujicoba SITUNG di ruang teknis KPU Kota Batu.

Ariansyah (Kasubbag Teknis KPU Kota Batu)

Pelaksanaan ujicoba SITUNG dalam pemilihan serentak tahun 2018 ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu : Tahap pertama dilakukan Senin tanggal 28 Mei 2018 Pukul : 10:00 WIB, Tahap kedua dilakukan Kamis tanggal 7 Juni 2018 Pukul : 10:00 WIB dan Tahap terakhir dilakukan Senin tanggal 25 Juni 2018 pada jam yang sama. KPU Kota Batu sendiri memilih melakukan ujicoba SITUNG pada tahap pertama.

Ujicoba Sistem Penghitungan Suara (SITUNG) yang dilakukan KPU Kota Batu dengan berbasis daring (online) dan luring (offline) untuk kegiatan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018.

Dalam ujicoba SITUNG yang dilakukan KPU Kota Batu  terlebih dahulu menyiapkan formulir model C dan C1 yang sebelumnya sudah diisi dengan jumlah jenis pemilihan yang akan dilaksanakan.  Setelah itu, dilakukan entri dan pindai formulir model C dan C1 di Kabupaten/Kota sebanyak 75 TPS yang tersebar dalam 5 Kecamatan dan setiap Kecamatan tersebar dalam 5 Kelurahan/Desa dan setiap Kelurahan/Desa tersebar di 3 TPS.

Proses selanjutnya yang dilakukan dalam ujicoba SITUNG tersebut adalah melakukan entri, unggah dan pindai formulir model DAA-KWK ( sertifikat rekapitulasi hasil dan rincian penghitungan perolehan suara dari setiap TPS dalam wilayah Desa/Kelurahan). Tahap terakhir dari kegiatan ujicoba SITUNG adalah entri, unggah dan pindai formulir model DA1-KWK ( sertifikat rekapitulasi hasil dan rincian penghitungan perolehan suara dari setuap Desa/kelurahan di tingkat Kecamatan) sebanyak 5 Kecamatan dengan ketentuan setiap Kecamatan tersebar dalam 5 Kelurahan/Desa yang diisi dari hasil di tingkat TPS.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi Umum Keuangan dan Logistik (Erfanudin) menjelaskan bahwasanya ujicoba SITUNG ini dilakukan untuk mengetahui kendala-kendala yang berhubungan dengan server dalam menerima data yang dikirim karena skalanya sudah tingkat nasional dan dilakukan oleh semua KPU yang melaksanakan Pilkada serentak tahun 2018.

Untuk versi online, menurut Erfanudin, ujicoba SITUNG dilakukan dengan mengirimkan hasil pengitungan di tingkat KPPS atau formulir C1 dengan dipindai atau yang lazim dikenal dengan discan dan kemudian dikirim ke server KPU Pusat.

 

Dalam kesempatan yang sama, Komisioner KPU Kota Batu Divisi Umum Keuangan dan Logistik menerangkan, setelah versi online kemudian dilakukan penghitungan suara berbasis offline. Penghitungan berbasis offline ini dikirim ke KPU Pusat secara online. Adapun fungsi penghitungan offline menurut Erfanudin adalah untuk fungsi kontrol jika terdapat kesalahan data formulir C1-KWK (sertifikat hasil pemilihan suara) bisa dilakukan pembetulan saat rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Sebagai informasi, SITUNG adalah aplikasi yang digunakan untuk memastikan kegiatan penghitungan di setiap TPS dapat cepat diketahui dan hasilnya transparan. Fungsi dari SITUNG itu sendiri adalah menampilkan hasil dari pemungutan suara di tiap TPS hingga ke tingkat pusat.

Penggunaan Aplikasi SITUNG sendiri terdiri dari tiga jenis, sebagai alat pindai dari formulir C1 (TPS), DAA (Kelurahan/Desa), DA1 (Kecamatan),DB1 (Kabupaten), DC1 (Provinsi untuk Pilgub kemudian yang kedua adalah sebagai ‘entry ‘ data untuk formulir C1 dan yang terakhir fungsi SITUNG untuk penggunaan aplikasi dalam bentuk excel pada formulir DAA,DA1,DB1 dan DC1.

Ujicoba SITUNG secara  nasional ini untuk mengetahui cara kerja SITUNG sekaligus menguji perangkat yang akan digunakan dalam proses pindai dan entri.

Dari hasil ujicoba SITUNG yang dilakukan oleh KPU Kota Batu yang dimulai tepat Pukul : 10:00 WIB dapat berjalan dengan sukses. (eka/pdp)

 

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

35 − = 32