27 Mei

KPU KOTA BATU LAKUKAN SORTIR DAN LIPAT SURAT SUARA PILGUB JATIM 2018

Batu, kpu-kotabatu.go.id (27/05/2018) Surat suara untuk keperluan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 telah dimulai KPU Kota Batu sehari setelah surat suara diterima. Kegiatan sortir dan lipat suara suara telah dilakukan, Mingu (27/05) di Aula KPU Kota Batu Jaln Raya Tlekung.

 

Kegiatan sortir dan lipat ini melibatkan 18 orang yang diambil dari 3 Kecamatan se-Kota Batu dengan tiap Kecamatan mengirimkan 6 orang untuk kegiatan sortir dan lipat surat suara.

Kegiatan sortir dan lipat suara yang dilakukan KPU Kota Batu telah sesuai dengan surat dari KPU Provinsi Nomer 70/PL.03.3.SD/35/Prov/V/2018 tentang kewajiban KPU Kabupaten/Kota untuk melakukan pemeriksaan terhadap kualitas surat suara dan memisahkan surat suara yang baik dan rusak. Untuk surat suara yang rusak, petugas sortir terlebih dahulu mencatatnya di lembar laporan sortir dan lipat surat suara.

Adapun surat suara yang rusak adalah : cetakan surat suara kotor secara merata, surat suara kusut atau mengkerut, surat suara sobek dan surat suara yang cetakannya luntur.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi Umum Logistik dan Keuangan (Erfanudin) menjelaskan  bahwasanya pengerjaan sortir dan lipat suara suara telah dilakukan pada tanggal 27 Mei 2018 dan diperkirakan akan selesai dalam 3 hari ke depan,” pungkas Erfanudi

Kegiatan selanjutnya setelah sortir dan lipat surat suara selesai adalah dilakukan distribusi ke 411 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di wilayah kerja KPU Kota Batu.

 

Sebagai informasi, surat suara yang diterima KPU Kota Batu sebanyak  152.688 lembar atau 77 dos. Jumlah surat suara tersebut sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Batu dan telah ditambah 2,5% surat suara pada masing-masing TPS.(eka/dpd)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 3 = 10