27 Okt

KPU Kota Batu Lakukan Penelitian Administrasi Syarat Pendaftaran Parpol Calon Peserta Pemilu 2019

Batu, kpu-kotabatu.go.id – KPU Kota Batu lakukan penelitian administrasi syarat pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu Tahun 2019. Penelitian ini dilaksanakan selama 30 hari, mulai 17 Oktober sampai tanggal 15 November 2019.

KPU Kota Batu meneliti berkas keempat belas partai politik yang berkas syarat pendaftarannya dinyatakan lengkap oleh KPU Kota Batu dan berkas pendaftaran  DPP partai politik tersebut dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU RI. Keempat belas parpol tersebut adalah Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PDI Perjuangan, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya(Gerindra), Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Berkarya, Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Demokrat dan Partai Kedaulatan Bangsa (PKB).

Pada tahap penelitian administrasi, KPU Kota Batu meneliti kesesuaian berkas dengan cara mencocokkan daftar nama anggota Partai Politik yang tercantum dalam formulir LAMPIRAN 2 MODEL F2-PARPOL dengan salinan bukti Kartu Tanda Penduduk (KTP)/ Surat Keterangan (Suket), Kartu Tanda Anggota (KTA)  serta meneliti dugaan  keanggotaan ganda dalam parpol yang sama atau antar parpol. Dalam penelitian administrasi ini  juga meneliti Keanggotaan yang tidak memenuhi syarat (TMS) karena anggota parpol berstatus anggota TNI, anggota POLRI dan dan Aparatur Sipil Negara (ASN) serta anggota parpol yg belum berusia 17 (tujuh belas) tahun dan /atau belum menikah. Hasil penelitian administrasi akan diunggah kedalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Setelah hasil penelitian administrasi diumumkan pada tanggal 16-17 November, partai politik berkesempatan untuk memperbaiki berkasnya selama 14 hari yaitu sampai dengan tanggal 1 Desember.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *