17 Jan

KPU KOTA BATU IKUTI RAKOR PENYUSUNAN DAN PENILAIAN LAPORAN PIPK

Batu, kpu-kotabatu.go.id (17 Januari 2022) – Sekretaris KPU Kota Batu Rudi Gumilar bersama seluruh kasubbag dan Sub Koordinator serta pengelola keuangan mengikuti Rapat Koordinasi  Penyusunan Dan Penilaian Laporan Pengendalian Intern Atas Pelaporan Keuangan yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur secara daring (17/01).

Kegiatan yang dimulai Pada Pukul 13.30 tersebut diikuti oleh Sekretaris, Kasubbag, Sub Koordianator serta Pengelola Keuangan KPU Kabupaten/Kota Se- Provinsi Jawa Timur.

Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur Nanik Karsini membuka acara dan memberikan arahannya bahwa PIPK merupakan pengendalian yang secara spesifik dirancang untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa laporan keuangan yang dihasilkan, merupakan laporan yang andal dan disusun sesuai dengan standar pemerintahan. “Pelaksanaan Pengendalian Intern Atas Pelaporan Keuangan berguna untuk mendukung proses penyusunan laporan keuangan, serta dalam rangka pencapaian maksimal penyusunan dan penilaian serta pelaksanaan pengendalian intern atas pelaporan keuangan pada satuan kerja, khususnya KPU di wilayah Provinsi Jawa Timur,” jelas Nanik.

Dalam acara rakor tersebut sebagai narasumber Kepala Bagian Akuntansi dan Pelaporan (AKLAP) KPU Republik Indonesia M. Aminsyah dan Dwi Rismala dengan Moderator Kepala Bagian Keuangan, Umum dan Logistik KPU Provinsi Jawa Timur Suharto (Totok).

M. Aminsyah menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah komitmen bersama dalam rangka perbaikan manajemen pengelolaan dan pelaporan untuk lebih baik lagi. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperoleh kualitas laporan keuangan yang semakin baik dan tepat waktu sehingga dapat mendukung kelancaran laporan keuangan KPU untuk mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).” tutur Amin.

Sementara itu Dwi Rismala menjelaskan teknis penyusunan dan penilaian Laporan PIPK secara mendetail disertai simulasi, untuk memberikan keyakinan bahwa pelaporan keuangan disusun dengan pengendalian intern yang memadai. (pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

65 + = 70