25 Sep

KPU Kota Batu Ikuti Pelatihan Aplikasi Sipol

Mataram, kpu-kotabatu.go.id – Divisi Hukum KPU Kota Batu, Mardiono dan Operator Sipol KPU Kota Batu, Mahyuni, mengikuti kegiatan pelatihan aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang diselenggarakan KPU RI, Minggu (24/09). Kegiatan tersebut direncanakan akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 24 September 2017 hingga Selasa, 26 September 2017 di Hotel Lombok Raya.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh anggota KPU divisi hukum dan operator Sipol di 11 KPU provinsi dan 186 KPU kabupaten/kota ini, Kepala Biro Hukum KPU RI, Sigit Joyo Wardono, melaporkan bahwa kegiatan pelatihan ini adalah menyatukan pemahaman yang sama pola mekanisme tata kerja pendaftaran partai politik, verifikasi administrasi, sampai penetapan partai politik peserta pemilu, “Kita juga akan bahas mekanisme, sesuai tingkatannya, ketika nanti harus menggunakan aplikasi baik di tingkat RI, provinsi atau kabupaten kota,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota KPU RI, Wahyu Setiawan mengatakan bahwa acara ini adalah kegiatan awal untuk pemilu 2019, maka membutuhkan kesiapan KPU RI dan jajaran di bawahnya. Wahyu Setiawan juga mengungkapkan tujuan pelatihan aplikasi Sipol yaitu membangun persepsi yang sama dan mengembangkan kapasitas sumber daya manusia agar siap laksanakan verifikasi partai politik. 

Tugas pokok KPU adalah melayani rakyat untuk menggunakan hak pilih dan melayani peserta pemilu secara adil dan setara, oleh karenanya, Wahyu Setiawan mengingatkan untuk menjaga integritas sehingga memperkokoh jati diri. “Kita berpikir untuk melayani, tapi dalam melayani bukan berarti menerobos aturan, dan itu prinsip,” tegasnya.

 

 

 

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

42 + = 45