21 Mar

KPU KOTA BATU IKUTI BIMTEK SIPPP PEMILU 2019 REGIONAL KENDARI

 Kendari, kpu-kotabatu.go.id (20-22/03/2018) Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP) pada penelitian administrasi dan verifikasi faktual syarat dukungan calon anggota DPD Pemilu Tahun 2019, Regional Kendari, Sabtu (20/03), diikuti 11 propinsi dengan 172 Kabupaten/Kota. Dari KPU RI yang hadir dalam acara Bimtek tersebut adalah : Anggota KPU RI (Hasyim Asy’ari), Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tenggara (Hidayatullah) beserta anggota, Kepala Biro Hukum (Sigit Joyowardono) beserta jajaran staf Sekretariat Jenderal KPU RI.

Hasyim Asy’ari  (Anggota KPU RI) dalam sambutannya mewakili Ketua KPU RI menyampaikan tentang proses perseorangan peserta pemilu, mulai dari pendaftaran, penelitian administrasi sampai verifikasi faktual. Lebih lanjut Ketua KPU RI (Arief Budiman) dalam pesannya yang disampaikan oleh Hasyim Asy’ari menyampaikan bahwasanya untuk tetap menjaga semangat karena kegiatan tahapan pemilu 2019 sudah semakin padat,” terang  bapak 3 putra ini.

Peserta Bimtek Informasi Perseorangan Peserta Pemilu yang dilakukan di regional Kendari dari tanggal 20 s/d 22 Maret 2018 ini membahas tentang seperangkat sistem teknologi informasi yang berbasis web atau Sistem Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP).

Adapun kegunaan SIPPP ini adalah untuk :

  1. Melayani perseorangan peserta pemilu melakukan input daata dukungan guna persiapan penyerahan syarat dukungan dan penyebaran perseorangan peserta pemilu.
  2. Mendukung pelaksanaan tugas KPU RI, KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota melakukan verifikasi kelengkapan pemenuhan persyaratan perseorangan calon peserta pemilu
  3. Pemeliharaan data dan informasi perseorangan untuk pelayanan publik.

Beberapa manfaat dari penggunaan SIPPP diantaranya adalah : Membantu perseorangan dalam melakukan input data syarat dukung calon peserta pemilu, Perseorangan dapat mengoperasikan sistem ini kapan saja dan dimana saja selama ada internet, mempermudah perseorangan dalam mengelola internal bersama-sama dengan operator yang ditunjuk,Perseorangan dapat melakukan pengecekan dan perbaikan data yang sudah dimasukkan ke server sebelum melakukan penyerahan syarat dukungan dan transparansi dan akuntabilitas tahapan verifikasi.

Sebagai informasi, Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum, Pengawasan, SDM dan Organisasi (Mardiono) dan Staff/Pelaksana Bagian Hukum KPU Kota Batu (Mahyuni) hadir dalam Bimtek SIPPP yang diadakan di Regional Kendari. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

30 − = 24