06 Feb

KPU Kota Batu Hearing dengan DPRD Batu Terkait Usulan Penataan Daerah Pemilihan Anggota DPRD Kota Batu Dalam PEMILU 2019

Batu,kpu-kotabatu.go.id (06/06/2018) KPU Kota Batu mendatangi kantor DPRD Kota Batu terkait undangan DPRD Kota Batu untuk melakukan hearing/dialog tentang Usulan Penataan Dapil DPRD Kota Batu Dalam Pemilu Tahun 2019. Hadir dalam hearing tersebut : Ketua KPU Kota Batu (Rochani), Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Ashar Chilmi), Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Saifudin Zuhri), Komisioner KPU Kota Batu Divisi Umum, Keuangan dan Logistik (Erfanudin), Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum, Pengawasan, SDM dan Organisasi (Mardiono), Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas KPU Kota Batu (Ariansyah Mustafa).

Dalam hearing tersebut, Ketua KPU Kota Batu (Rochani) memaparkan tentang dilakukannya penataan dapil di kota Batu dalam Pemilu Legislatif 2019. Terkait dengan penataan dapil yang dilakukan KPU Kota Batu, Rochani menjelaskan bahwasanya ada beberapa prinsip penyusunan daerah pemilihan anggota DPRD Kota Batu dalam Pemilu Tahun 2019. Adapun prinsip tersebut meliputi : Kesetaraan nilai suara, Ketaatan pada sistem proporsional, Proporsionalitas, Integritas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, Kohesivitas dan Kesinambungan.

Dalam keterangannya, Ketua KPU Kota Batu (Rochani) mengemukakan sebelum dilakukan
uji publik, dilakukan pencermatan terlebih dahulu terhadap usulan empat Dapil untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) Tahun 2019.

Hearing yang dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Kota Batu (Hari Danah Wahyono) ini dihadiri Fraksi Perjuangan, Fraksi Gerindra, Fraksi PKB, Fraksi Golkar, Fraksi PAN, Fraksi Demokrat dan Fraksi Keadilan Nurani Nasional.

Sebagai informasi, dalam hearing yang dilakukan di aula DPRD Kota Batu, Rabu (06/02) Peserta hearing dari fraksi-fraksi DPRD mengajukan beberapa usulan dan pertanyaan tentang usulan Penataan Daerah Peemilihan (Dapil) DPRD Kota Batu dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) Tahun 2019.

Uji Publik yang dilakukan KPU Kota Batu didasarkan pada turunnya dua keputusan KPU RI Nomor 13/PL.01.3-Kpt/03/KPU/I/2018 tentang jumlah penduduk Kabupaten/Kota dan jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 serta Keputusan KPU RI Nomor 14/PL.01.3-Kpt/03/KPU/I/2018 tentang jumlah penduduk per Kelurahan pada Kecamatan dengan alokasi lebih dari 12 kursi untuk penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi dalam Pemilihan Umum Tahun 2019. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 6 = 4