22 Jan

KPU Kota Batu Hadiri Rapat Koordinasi Pengamanan PILKADA di POLDA Jatim

Batu,kpu-kotabatu.go.id(22/01/2018) – Dalam rangka untuk pengamanan PILKADA yang akan dilakukan di seluruh Indonesia, Kepolisian Daerah Jawa Timur (POLDA JATIM) menggelar Rapat Koordinasi (RAKOR ) di Hotel Wyndham, Jl. Basuki Rahmat Surabaya, Senin (22/01). Rakor Bersama Kepolisian Daerah Jawa Timur ini diikuti oleh Forpimda Jawa Timur, Polda Jatim bersama jajaran Polres (Kapolres, Kabagops dan Kasat Intelkam) seluruh Jawa Timur, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur beserta Ketua KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Ketua Bawaslu Jawa Timur beserta seluruh Ketua Panwaslu Kabupaten/Kota, Danrem se-Jatim, Kasatpol PP Provinsi Jawa Timur, Kepala Biro Pemerintahan dan Ketua Parpol tingkat Jawa Timur.

Rakor yang mengambil tema “Komitmen Bersama Tentang Sinergitas Polri, TNI, Pemprov, KPU, Bawaslu dan Kajati Jawa Timur Siap Mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2018 yang Guyub, Rukun dan Damai di Jawa Timur”. Dibuka secara resmi oleh Wakapolda Jatim, Brigjen (Pol) Drs Awan Samodra, Dalam sambutannya, Wakapolda Jatim menyampaikan pesan Kapolda untuk menjaga situasi Jawa Timur tetap aman dan kondusif selama berlangsungnya Pilkada Jatim 2018. Lebih lanjut Kapolda mengingatkan jika terdapat konflik hendaknya tidak langsung dibawa ke tingkat Provinsi terlebih dahulu, namun sebisa mungkin diselesaikan di tingkat Kecamatan.

Dalam Rakor tersebut juga dibahas pembentukan beberapa Satuan Tugas (Satgas) untuk mengamankan jalannya Pilkada Jatim 2018. Satgas tersebut adalah : Satgas Preventif, Satgas Tindak, Satgas Bantuan dan Satgas yang baru saja dibentuk, yaitu : Satgas Money Politik, Satgas Pilkada Damai dan Satgas Cyber Troops yang khusus menangani berita hoax dan intoleransi. Satgas Money Politik sendiri yang digagas oleh Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian akan menindak setiap tindak pidana praktik politik uang.

Sesi Pertama Rakor diisi oleh Dirintelkam Polda Jatim (Drs. Teddy Setyadi) dengan tema “Prediksi dan Potensi Konflik Pilkada Serentak Tahun 2018” dan Karoops Polda Jatim menyampaikan materi terkait Kesiapan Polda Jatim dalam Rangka Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2018.

Sesi Kedua disampaikan oleh : Ketua KPU Provinsi Jawa Timur menyampaikan tentang Kesiapan KPU Jatim dalam rangka penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018. Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur memaparkan tentang Tugas, Wewenang dan Kewajiban Bawaslu dalam Pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 dan Kajati Jatim memaparkan tentang Kesiapan Kejaksaan dalam rangka penanganan Kasus Pilkada Serentak 2018.

KPU Kota Batu dalam acara Rakor Bersama Kepolisian Daerah Jawa Timur ini diwakili oleh Ketua KPU Kota Batu (Rochani).

Rakor Bersama Kepolisian Daerah Jawa Timur ini menghasilkan satu komitmen bersama, yaitu Sinergitas Polri, TNI, Pemprov, KPU, Bawaslu dan Kajati Jawa Timur untuk siap mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2018 yang Guyub, Rukun dalam memilih Pemimpin yang bermartabat di Jawa Timur. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 8