18 Jan

KPU KOTA BATU HADIRI RAKOR PENYUSUNAN MODUL RELAWAN DEMOKRASI

Surabaya, kpu-kotabatu.go.id (16-Januari-2019) – Dalam rangka persiapan pembekalan Relawan Demokrasi (relasi) Pemilu  2019, KPU Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Rakor Penyusunan Modul Relawan Demokrasi Berbasis Muatan Lokal Dalam Pemilu 2019 dengan mengundang Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih), SDM dan Partisipasi Masyarakat dan Kasubbag Teknis dan Hupmas se-Jawa Timur. Adapun KPU Kota Batu menghadirkan Komisioner KPU Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas (Heru Joko Purwanto) dan Kasubbag Teknis dan Hupmas (Ariansyah Mustafa). Kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari 16 s/d 17 Januari 2019 bertempat di Aula KPU Provinsi Jatim.

Kegiatan Rakor ini bertujuan dan berfokus pada persiapan penyusunan modul bagi Relasi Pemilu 2019 yang bertujuan agar ada kesamaan dan kepatuhan yang sama dalam tugas Relasi di Jawa Timur.

Dengan dihadiri Komisioner KPU Provinsi Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Gogot Cahyo Baskoro) dan Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Jatim (Eddy Prayitno), dan sebelum memberi sambutan dan membuka secara resmi acara rakor, Gogot CB menyampaikan permohonan maaf kepara undangan yang hadir di karenakan seluruh Komisioner KPU Provinsi Jatim sedang melaksanakan tugas lainnya. Yang menarik dalam pembukaan acara tersebut Gogot CB mengetuk hati para hadirin dengan tema kepedulian, rasa empati  bagi Komisioner  yang sedang melakukan perjalanan dinas terhadap para sopir KPU yang juga sedang melaksanakan tugas negara mengantar pejabat negara dalam tugas negara. “Bahwa sangat penting para hadirin untuk tidak bersikap acuh terhadap kondisi para sopir yang sedang betugas tersebut tidak mendapatkan hak yang semestinya, karena hal tersebut sudah ada aturan hukum yang pasti.” tegas Gogot CB. Kesimpulan kata oleh Gogot CB : hal ini penting jika kalian peduli atau tidak penting jika kalian tidak peduli.

Di dalam sambutannya Gogot CB menuturkan “Bahwa Relasi bukan program baru dari KPU, mulai dari periode sebelumnya sudah dilaksanakan bersama, akan tetapi tampaknya untuk Pemilu 2019 yang akan datang, keberadaan Relasi mendapatkan perhatian yang lebih dari KPU.” ujarnya.

Pembentukan Relasi yang sedang dilaksanakan diharapkan mampu memenuhi terget dari sepuluh basis Pemilih yang telah ditetapkan antara lain ; Pemula, Muda, Perempuan, Keluarga, Marginal, berkebutuhan Khusus, Komunitas, Disabilitas, Agamawan dan Netizen.  Ditambahkan juga kelompok Relasi yang mampu menekan isu hoax untuk dapat menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat.

Dalam Rakor ini akan ada pemaparan materi dari Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Jatim terkait dengan Rencana Kerja Penyusunan Materi Relasi Pemilu Tahun 2019, diskusi kelompok guna menyusun modul, serta pemaparan hasil diskusi. Dalam kegiatan diskusi dibagi kedalam beberapa kelompok kali ini KPU Kota Batu bergabung dalam kelompok 3 yang terdiri malang, Kota Malang, Kota Batu,  Lumajang,  Surabaya,  Sidoarjo, Mojokerto, dan Kota Mojokerto. Dengan tema Marginal & Berkebutuhan khusus. (pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

49 − = 45